Jihan Menguat ke RMD dan Peluang Menang Pilgub

Share :

ragamlampung.com – Nama calon Wakil Gubernur dari cagub Rahmat Mirzani Djausal (RMD) mengerucut ke Jihan Nurlela.

Bicara hitung-hitungan jika Mirza-Jihan berlayar, seberapa besar potensi keduanya menang mulai banyak dibahas. Apakah dua politisi muda ini cukup kuat untuk menumbangkan calon lainnya.

Sementara ini, calon kuat gubernur Lampung adalah petahana Arinal Djunaidi, Anggota DPR RI Hanan A Rozak, Ketua Nasdem Lampung Herman HN dan Ketua Bappilu PDIP Lampung Umar Ahmad.

Menurut pengamat politik Universitas Lampung (Unila) Darmawan Purba, rivalitas para kandidat masih kompetitif. Nanti setelah pendaftaran baru dapat dipetakan.

“Namun di atas kertas jika paket Mirza-Jihan maju sebagai pasangan calon, maka paslon ini memiliki kombinasi modal politik, modal sosial dan ekonomi yang besar, sehingga akan mampu bersaing dengan kandidat-kandidat lainnya,” ujarnya, Minggu (1/6).

Dia melanjutkan, Mirza sebagai Ketua DPD sudah terbukti mampu menghantarkan kemenangan Prabowo-Gibran dan Partai Gerindra di Lampung. Prabowo-Gibran memperoleh 3.554.310 suara atau sekitar 69,38 persen dari total suara di Lampung.

Mirza yang berasal dari suku Lampung cukup kuat di Dapil Lampung I bisa dibilang saling melengkapi dengan Jihan Nurlela dari jawa yang kuat di Dapil Lampung 2.

Jihan yang merupakan adik kandung Ketua PKB Lampung Chusnunia Chalim atau Nunik ini meraih suara terbanyak di pemilu DPD RI dengan mengantongi 910.318 suara. Sementara suara PKB sendiri mencapai 532.522 suara.

“Jihan bisa masuk menjadi orang yang bisa melengkapi dan mempermudah kemenangan Mirza. Jihan juga punya pesona politik yang tinggi,” jelas Darmawan.

Pasalnya, Jihan merupakan representasi etnis terbesar, NU, PKB, mewakili kabupaten berpenduduk besar, sudah memiliki popularitas dan sudah berpengalaman di pemerintahan. (rm/ask)

Share :