dr. Sabasdin Harahap, Ketua IDI Cabang Tulang Bawang Periode 2018-2021

Share :

ragamlampung.com – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tulang Bawang Menggelar Pelantikan Pengurus Baru Periode 2018-2021, bertempat di Auditorium Mandala, Hotel Le’man, Unit 2 Tulang Bawang, Kamis,(11/10/2018).

Terpilih kembali sebagai Ketua IDI Cabang Tulang Bawang Periode 2018-2021 dr. Sabasdin Harahap, dengan Wakil Ketua dr. Ray Khah Fissa, Sekretaris dr. Erdawati dan dr. Aben Timbul Sibarani, serta Bendahara dr. Dwi Ari Astanti dan dr. Yessy Tiara.

Selain itu terpilih pula Ketua MKEK (Majelis Kehormatan dan Etika Kedokteran) dr. Hi. Lukman Pura,Finasim. Pelantikan dilakukan langsung oleh Wakil Ketua IDI Provinsi Lampung, dr. Boy Zaghlul Zaini, M.Kes.Pada acara tersebut dihadir sekretaris daerah kabupaten Tulang Bawang, Antoni Endra Kapolsek Banjar agung, Kompol Rahmi, camat Banjar agung, Sudirman, camat Banjar Margo Umar Kadinkes Kab. Tulang Bawang, Direktur RSUD Menggala, Direktur RS Mutiara Bunda dan RS Penawar Medika, ketua IDI Cabang dalam Wilayah Lampung, Kepala Puskesmas di Wilayah Kabupaten Tulang Bawang dan perwakilan Organisasi Profesi lain seperti PPNI, IBI, PDGI, PATELKI, IAI, Persagi dan PARI.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tulang Bawang merupakan organisasi profesi kedokteran yang berperan sebagai stake holder pelayanan kesehatan dan ikut bertanggungjawab dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan kedokteran yang bermutu.

Untuk daerah Tulang Bawang yang luas ini, jumlah dokter yang tergabung dalam IDI Cabang Tulang Bawang berjumlah 107 orang dokter, terdiri dari 2 orang dokter spesialis konsultan, 20 dokter spesialis, 85 orang dokter umum, dan dokter internship, 5 orang diantaranya sedang melanjutkan pendidikan dokter spesialis.

Dari 107 orang dokter anggota IDI, 49 orang adalah PNS dan selebihnya mengabdi di sektor swasta/mandiri. Kepengurusan IDI Cabang Tulang Bawang periode 2018 -2021, telah menetapkan beberapa program kerja, diantaranya adalah meningkatkan profesionalisme anggota, meningkatkan mutu pelayanan dan pendidikan kedokteran serta meningkatkan kemitraan dengan pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat untuk pelaksanaan pembangunan di bidang kesehatan.

Pengurus IDI cabang Tulang Bawang akan selalu mendorong para dokter yang berada dalam naungan IDI untuk memiliki tanggung jawab bersama dengan pemerintah daerah dalam pembangunan di bidang kesehatan masyarakat.

Koordinasi dan komunikasi antara pengurus IDI dengan Pemkab Tulang Bawang harus terus terjaga dan terjalin dengan baik.

Pembangunan di bidang kesehatan merupakan sektor yang sangat penting dalam mendukung dalam Pembangunan Daerah. Dengan mewujudkan masyarakat yang sehat maka aktifitas dan produktifitas sehari-hari di masyarakat dapat terlaksana dengan baik.

Berjalannya kepengurusan IDI sebagai sebuah organisasi dengan baik diharapkan dapat menjadi wadah menyuarakan aspirasi para dokter serta menjalin komunikasi yang baik antara dokter dengan masyarakatUntuk menunjang hal tersebut, seusai acara pelantikan kepengurusan baru pengurus IDI Cabang Tulang Bawang, diadakan workshop “Komunikasi Efektif” untuk meningkatkan profesionalisme pemberi asuhan pada pelayanan kesehatan, yang dihadiri oleh sekitar 50 dokter, bidan dan tenaga kesehatan lain di wilayah Tulang Bawang. (santo)

Share :