Akhir Tahun, Musim Rendeng di 1.000 Ha Sawah Baru

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan (DP2K) Kabupaten Tulangbawang Barat, mempercepat pelaksanaan pengerjaan program cetak 1.000 hektare sawah. Program ini merupakan program nasional, yang didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2016.

Tiga kecamatan dari sembilan kecamatan di Kabupaten Tubaba yang menjadi lokasi cetak sawah tersebut. Yaitu, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kecamatan Tulangbawang Udik, dan Kecamatan Batu Putih. Pengerjaannya tidak per kecamatan, tapi digelar serentak. Sebab, meskipun dalam satu kecamatan, namun lokasinya tidak pada satu tiyuh, melainkan di beberapa tiyuh yang lahannya sudah tersedia.

Kepala DP2K Tubaba Syamsul Komar, mengatakan, Senin (22/8/2016), akhir tahun ini juga lahan cetak sawah tersebut harus bisa dilakukan penanaman padi untuk pertama kalinya. Bulan Desember akhir tahun ini petani sudah harus memulai penanaman yaitu pada musim tanam rendeng (musim tanam padi pertama).

Program cetak sawah yang dimulai sejak bulan Januari lalu itu sempat ditargetkan bulan Agustus ini siap tanam. Hanya saja menghadapi berbagai kendala dan melihat kondisi di lapangan sehingga waktu tanam mundur menjadi bulan Desember. (ar)

Share :