Sirkuit MotoGP Pertama di Indonesia Segera Hadir

Share :

sirkuit-jakabaring-motogp
ragamlampung.com — Sirkuit MotoGP pertama di Indonesia segera hadir di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Sirkuit seluas 120 hektare tersebut telah disetujui oleh Dorna Sport dengan desain panjang 4,2 kilometer, 14 tikungan, dan lintasan lurus sepanjang 750 meter.

“Lokasi pembangunan di lahan milik Pemprov di kawasan Jakabaring. Pembangunan dilaksanakan pihak ketiga sedangkan kami hanya menyiapkan lahan,” kata Kepala Dinas PU Cipta Karya Sumsel, Basyaruddin Akhmad, Kamis (17/11/2016).

Pembangunan sirkuit MotoGP pertama di Indonesia ini, Sumsel melibatkan Hermann Tilke, konsultan desainer sirkuit ternama, yang sudah dipercaya oleh Dorna Sport. Pembangunan sirkuit dimulai Januari 2017 di lokasi yang sempat digunakan sebagai tempat kejuaraan SKI Air SEA Games 2011.

Basyaruddin mengatakan, pembangunan sirkuit MotoGP diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp 600 miliar. Dana tersebut bukan berasal dari anggaran pemerintah daerah, melainkan dari pihak swasta. Pemprov Sumsel pun terus berupaya untuk menarik investor sebagai mitra pembangunan sirkuit.

Namun, dana itu belum termasuk sarana dan prasarana nonpermanen, seperti tenda masing-masing pabrikan peserta MotoGP, kantor Dorna, dan kebutuhan lain.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin telah diundang Dorna ke Sepang, Malaysia saat pelaksanaan MotoGP beberapa waktu lalu untuk persiapan pembangunan. Kehadiran Gubernur di sirkuit Malaysia itu untuk membahas pembangunan sirkuit MotoGP.

Gubernur Alex berharap adanya sirkuit tersebut Sumsel semakin ramai dengan kejuaraan MotoGP tiap tahunya. (ar)

Share :