Strategi Timnas Indonesia Singkirkan Vietnam

Share :

ragamlampung.com — Indonesia akan berhadapan melawan Vietnam dalam laga leg kedua semifinal Piala AFF, di My Dinh Stadium, Hanoi, Vietnam, Rabu (7/12/2016) malam pukul 19.00 WIB.

Indonesia menang di leg pertama di Stadion Pakansari, akhir pekan lalu dengan skor 2-1. Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang dengan skor berapapun untuk lolos ke final. Sedangkan Vietnam, hanya butuh menang dengan skor tipis 1-0 atau skor berapapun dengan margin 2 gol.

Melihat hasil seperti itu, Vietnam dipastikan bermain ngotot dan menyerang. Harapannya, bisa mencetak gol cepat dan mengungguli Indonesia untuk bisa melangkah ke babak final.

Itu berarti, pilihan sistem 4-3-3 akan diterapkan oleh mereka seperti saat menaklukkan Malaysia dan klub-klub lainnya di fase grup.

Mereka akan mendorong sedikit Le Cong Vinh, Van Quyet, Vu Van Tanh sedikit ke depan, dibanding saat main di Pakansari, Bogor, untuk meningkatkan daya serang.

Sementara itu, Indonesia yang sudah mengantisipasi permainan Vietnam, kemungkinan akan mengubah sistem permainan. Dari 4-4-2 menjadi 4-4-1-1 atau 4-2-3-1. Ini untuk memberikan tekanan di lini tengah tuan rumah.

Penyerang PSM Makassar Ferdinand Sinaga diperkirakan menjadi pilihan utama untuk menemani Boaz Solossa sebagai duet lini depan saat laga nanti.

Demikian sejumlah pembaca yang melontarkan prediksinya dalam jajak pendapat lewat media sosial Twitter.
Dalam jajak pendapat yang diikuti 555 akun tersebut Ferdinand Sinaga dipilih 45 persen peserta. Di posisi kedua adalah gelandang sentral yang bermain untuk klub divisi II Belanda, Telstar, Stefano Lilipaly.

Lilipaly didukung sebanyak 34 persen dari peserta jajak pendapat. Terpilihnya Lilipaly itu mengejutkan karena pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl sebetulnya membawa dua penyerang lagi yakni Lerby Eliandry dan Muchlis Hadi Ning.

Menanggapi bakal ada teror dari penonton, pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl pun menaruh keyakinan penuh bahwa para pemain asuhannya tak akan terpengaruh keriuhan dukungan suporter tuan rumah.

“Ini adalah ujian mental para pemain, dan saya yakin para pemain sudah siap secara fisik dan mental menghadapi semua kemungkinan,” kata dia.

Riedl pun sudah akrab dengan keriuhan di Stadion My Dinh. Ia pernah berada di posisi sebagai salah satu yang dielu-elukan di stadion tersebut sebagai ‘pahlawan’ ketika melatih Vietnam sejak 1998 hingga 2007 silam.

Starting Line Up Vietnam vs Indonesia:

Indonesia: Kurnia Meiga (gk); Benny Wahyudi, Fachrudin Aryanto, Hansamu Yama, Abduh Lestaluhu; Rizky Pora, Manahati Lestussen, Bayu Pradana,Andik Vermansah; Stefano Lilipaly; Boaz Salossa

Vietnam: Nguyen Tran Manh (gk); Au Van Hoan, Dihn Tien Thanh, Que Ngoc Hai; Ngo Hoang Thinh, Luong Xuan Truong, Dihn Tran Trung; Vu Van Thanh, Ngyuen Van Quyet; Le Cong Vinh

Share :