71 Tahun Indonesia Merdeka, Masalah Ini Sulit Dituntaskan

kesenjangan sosial di indonesia-ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo risau karena meski sudah 71 tahun merdeka, Indonesia masih memiliki permasalahan yang belum tuntas diselesaikan. Masalah itu adalah kesenjangan, korupsi, terorisme, dan narkoba.

Menurut Tjahjo, di Universitas Negeri Jakarta, Senin (19/12/2016), persoalan kesenjangan masih berkutat pada kebutuhan pokok masyarakat yakni pangan dan perumahan.

Kondisi pangan Indonesia masih bergantung pada impor. Meski sebagai negara agraris, kebutuhan garam hingga jagung Indonesia masih mengandalkan negara lain. Begitu pula perumahan, masih banyak warga negara Indonesia yang belum memiliki tempat tinggal layak.

Persoalan korupsi, imbuh dia, pemberantasan korupsi tak hanya bisa diselesaikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, tapi perlu komitmen bersama.

Langkah untuk terorisme dan radikalisme. kata dia, yang bisa dilakukan adalah mengeratkan persaudaraan di antara suku, agama, dan keberagaman bangsa.

Ancaman radikalisme bisa datang dari negara-negara tetangga. Negara-negara sahabat bisa juga menjadi ancaman keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sedangkan masalah narkoba, ada sekitar 40-50 per tahun orang di Indonesia meninggal lantaran narkoba,” katanya. (ar)

Share :