Pamsismas Disosialisasikan kepada Camat hingga Perangkat Desa

Share :

ragamlampung.com — Para camat, kepala desa dan perangkat desa se-Kabupaten Mesuji, mengikuti sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (PAMSISMAS). Sosialisasi yang berlangsung Selasa (8/8) itu bertujuan menginformasikan program kepada publik dan memotivasi kesadaran sanitasi di tingkat desa.

Bupati Mesuji Khamami melalui Kepala Bappeda Sukarman mengatakan, sanitasi meliputi pelayanan air minum, kesehatan, dan kebersihan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus tersedia dan menjadi tanggung jawab bersama.

Permasalahan sanitasi permukiman terlihat dari masih rendahnya kualitas dan tingkat pelayanan sanitasi. Beberapa faktor yang menjadi penyebab utamanya adalah masih rendahnya kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan sanitasi.

Pemateri sosialisasi, Robert Irwan Natakusuma, dari Provincial Coordinator PAMSIMAS III Lampung, menjelaskan, program pamsimas ini pemenuhan target 100 persen akses air minum aman, 0 persen kawasan permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Andi Armi, District Coordinator Kabupaten Mesuji Program PAMSIMAS III berharap dari kegiatan ini ada minat dari pemerintah desa mendapatkan bantuan program tersebut. (rls/ar)

Share :