Hasil Keterangan Imer Darius Masih Dikaji Bawaslu Pesisir Barat

Share :

ragamlampung.com – Hasil keterangan yang disampaikan Calon Legislatif (Caleg) Partai Demokrat Imer Darius, Selasa (15-1-2019) masih dikaji Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pesisir Barat.

Ketua Bawaslu Pesisir Barat Irwansyah mengatakan klarifikasi terhadap Imer Darius hanya mendalami soal pertemuannya dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Dalam klarifikasi tersebut, Bawaslu memberikan puluhan pertanyaan terhadap Caleg DPR RI itu. “Banyak ya, saya lupa ada berapa. Sekitar 30an pertanyaan,” sebut Irwan.

Dia mengatakan Imer juga membantah telah memberikan uang kepada PPK pada saat pertemuan tersebut.

“Dari keterangan saudara Imer tadi, dia tidak mengakui adanya pemberian uang,” ucapnya.

Dia menjelaskan akan berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi Lampung untuk langkah-langkah selanjutnya. Apakah ada unsur dugaan pelanggaran pemilu atau tidak?

“Nanti akan kita kaji kembali antara keterangan caleg dan KPU. Kita juga akan konfirmasi ke Bawaslu provinsi, apakah ini termasuk pelanggaran atau tidak,” jelasnya.

Walau begitu, dia menegaskan secara etika, seorang penyelenggara pemilu itu tidak diperbolehkan untuk bertemu dengan calon atau bakal calon.

“Karena sebagai penyelenggara itu harus netral. Walaupun menurut keterangan mereka pertemuan itu hanya obrolan biasa, tapi secara etika tidak diperbolehkan,” pungkasnya.(kur)

Share :