Peringatan Hari Pahlawan Lampung Timur Dipusatkan di Lapangan Merdeka

Share :

ragamlampung.com,LAMPUNG TIMUR -Sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa para pahlawan, setiap daerah tentunya melaksanakan upacara hari pahlawan, begitupun Kabupaten Lampung Timur dimana hal itu dipusatkan di Lapangan Merdeka Sukadana Lampung Timur, Minggu (10/11/2019).

Hadir dalam upacara tersebut Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, Kapolres Lampung Timur, AKBP Taufan Dirgantoro yang mana juga bertindak sebagai inspektur upacara, Dandim 0429/Lamtim, Muhammad Darwis, Wakil Ketua DPRD Lampung Timur, Akmal Fatoni, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Kepala Bagian Lampung Timur, serta Camat Se-Kabupaten Lampung Timur.

Seperti yang sudah menjadi ketetapan pemerintah Republik Indonesia bahwa setiap tanggal 10 november seluruh bangsa dari pelosok negeri ini memperingatinya sebagai hari Pahlawan. Hal tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam perang disurabaya 74 tahun silam. Peristiwa tersebut merupakan perang fisik pertama setelah bangsa ini menyatakan merdeka dari penjajah.

Untuk diketahui, adapun tema yang diangkat pada peringatan hari pahlawan 10 November 2019 ini ialah “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Dalam Agenda tersebut Bang Ipul Sapaan akrab Bupati Lampung Timur tersebut membacakan sambutan dari Menteri Sosial Republik Indonesia namun dalam hal ini diwakili oleh Kapolres Lampung Timur, AKBP Taufan Dirgantoro yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam sambutan tersebut dikatakan bahwa upacara peringatan ini kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata tetapi dapat diisi dengan berbagai akifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia.

Tak hanya menggelar upacara, peringatan hari pahlawan ini juga tetap berlanjut yakni dengan melakukan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Dharma Nusantara yang ada di Kecamatan Sukadana.

Dalam keterangannya usai Ziarah, Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menyampaikan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah syukur hari ini pada tanggal 10 November 2019 kita sama sama memperingati hari pahlawan yang mana tadi kita telah melaksanakan upacara dan siang ini kita melaksanakan ziarah ke taman makam pahlawan, ini mengingatkan kepada kita semua bahwa kita ini adalah generasi penerus yang harus ingat jasa para pahlawan yang mana telah mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan republik indonesia,” ungkapnya.

“Oleh karena itu saya mengajak kita semua terutama kepada para generasi muda yang merupakan generasi penerus untuk selalu ingat dengan sejarah jangan sampai lupa dengan sejarah, maka melalui momentum ini mari kita mengingat jasa para pahlawan,” imbuhnya.

Sebelum mengakhiri penyampaiannya, Orang nomor satu di Kabupaten Lampung Timur itu juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Lampung Timur masih terus berusaha untuk menjadikan sejumlah pejuang Lampung Timur untuk menjadi pahlawan nasional.

“Kita masih terus berusaha melalui kementrian sosial agar para pahlawan yang ada di Lampung Timur sebagai pahlawan nasional kita masih terus berupaya dan insyallah mudah-mudahan tidak lama lagi hal itu akan membuahkan hasil,” sebutnya. (imron)

Share :