Umat Hindu Bali Desa Sukadana Timur Peringati Hari Raya Galungan

Share :

ragamlampung.com,Lampung timur –
Hari raya Galungan dirayakan oleh umat Hindu Bali setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Seperti halnya umat Hindu Bali didesa sukadana timur kecamatan sukadana kabupaten Lampung timur (Lamtim),begitu Hidmat dan dalam perayaan galungan dan Kuningan tersebut dihadiri kepala desa setempat Ujang Muhlis.

Dikesempatan tersebut kepala desa (kades) sukadana timur Ujang muhlis menyampaikan walaupun suku,agama berbeda-beda kita harus saling menghormati dan tetap bhineka tunggal Ika dimana pun umat bangsa berada.

“Saya selaku kepala desa sangat bangga dan senang sekali ketika saya diberikan kesempatan oleh masyarakat saya dalam perayaan galungan umat Hindu,tentu ini suatu penghormatan oleh sebab itu kita khusus nya masyarakat desa timur tetap menjaga persatuan dan kesatuan,hormat menghormati sesama umat beragama,serta saya yakin masyarakat desa sukadana timur bhineka tunggal Ika,” ujar kades yang kerap disapa Bang Ujang.

“Mari kita jadikan suatu perbedaan sebagai kunci kita menjaga kerukunan, ketentraman dan kesejahteraan dalam pembangunan desa. Kita harus mulai dari kesadaran kita dan saya berharap masarakat Sukadana timur selalu hidup berdampingan dan memiliki rasa toleransi yang tinggi,pada hakikat Galungan adalah kemenangan yang menang,” pungkasnya.(imron)

Share :