67 Warga Labuhan Indah Keracunan Massal

Share :

ragamlampung.com – Sekitar 67 orang mengalami keracunan massal setelah diduga menyantap nasi punjungan dari seorang warga Desa Labuhan Indah Kecamatan Wayserdang Kabupaten Mesuji, Lampung, Minggu (8/3).

Dari 67 orang itu, 56 warga Desa Bumi harapan, 5 orang Warga Buko Puoso dan 6 warga IndraLoka Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Dikatakan Lina, Bidan Desa Bumi Harapan, warga diduga mengalami keracunan makanan. Sebagian besar dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif karena mengeluhkan pusing, mual-mual dan muntah, diare dan demam.

“Dugaan sementara akibat menyantap nasi punjungan yang diantar ke rumah warga oleh pihak yang akan hajatan. Total warga yang berobat sebanyak 56 orang dengan keluhan yang sama,” katanya.

“Warga yang dapat nasi punjungan dalam resepsi hajatan itu, menyantap nasi punjungan yang dibagikan pemilik hajatan, mulai merasakan pusing mual dan diare pada Sabtu (7/3) malam,” imbuhnya.

Namun kondisi beberapa warga semakin parah sehingga harus dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan penanganan medis.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Rawat Inap Buko Puoso, Hendrik mengatakan, saat ini sejumlah petugas telah diturunkan ke lokasi keracunan untuk meminta keterangan dari warga dan memastikan penyebab terjadinya keracunan serta mengamankan sampel makanan punjungan dengan menu, nasi, ayam tahu dan mie kering itu.

Sampai saat ini, warga yang diduga keracunan itu, menjalani perawatan, sementara atau observasi di puskesmas guna memulihkan kondisi tubuhnya.

“Sebagian besar mengalami diare dan mual. Kami belum bisa memastikan penyebab keracunan dari makanan atau ada faktor lain,” ungkapnya. (san)

Share :