Meriah! SMPN 1 Bandar Lampung Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW untuk Membentuk Akhlakul Karimah

Share :

ragamlampung,BANDAR LAMPUNG – SMP Negeri 1 Bandar Lampung menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabi’ul Awal 1446 Hijriah di halaman sekolah setempat pada Jumat 20 September 2024.

Peringatan Maulid berlangsung sukses, khidmat dan meriah diisi dengan ceramah agama untuk para siswa-siswi dan dewan guru.

Menghadirkan penceramah Ustadz Sukirman, M.Pdi.
Kepsek SMPN 1 Bandar Lampung Yulia Budiarti S.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar hari ini adalah “Sebagai sarana meningkatkan literasi Pelajar Pancasila di era digital untuk membentuk Akhlakul Karimah”.

“Acara inti pengajian Akbar dan doa bersama ini untuk mengajak para siswa meneladani Akhlakul Karimah Nabi Muhammad SAW, diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan visi SMPN 1 Bandar Lampung yakni Taqwa, cerdas, terampil dan berkarakter (wadaspilter),” kata Yulia Budiarti.

Ditambahkan kepsek, bahwa ada pohon berbuah telur dalam peringatan Maulid ini.

Dia menyatakan ada pohon berbuah telur, budaya Indonesia. Telur mengandung tiga hal, ada kulit, warna putih, kuning, Islam, Iman dan Ihsan.

Sementara dalam tausiyahnya, Ustad Sukirman, M.Pdi., menyampaikan bahwa para siswa punya idola utama selain nabi Muhammad SAW, adalah orang tua dan para guru. Orang tua yang melahirkan, memberikan nafkah, sedangkan para guru memberikan ilmu. Jangan sampai siswa terjebak idola dari budaya barat yang tak memberikan dampak positif.

“Hikmah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah Rasullullah tak pernah meninggalkan sholat lima waktu. Hubungan sholat dengan akhlak sangat kuat. Senakal-nakalnya anak siswa jika masih sholat maka masih bisa diberitahu dan diingatkan. Jika anak masih sholat maka masih bisa menerima nasihat, sebab jika tidak mau sholat, sama saja Allah dilawan. Apalagi bapak dan ibu kandungnya, ibu dan bapak/ibu gurunya. Karena dengan sholat kita akan masuk surga. Sholat merupakan Miftahul Jannah atau kunci masuk surga,” ingat Ustadz Sukirman. (rls)

Share :