Peluncuran Kampung UKM Lampung Goes Digital

Share :

peluncuran kampus
ragamlampung.com – Kadis Kominfo Provinsi Lampung, Sumarju Saeni, mewakili Gubernur Lampung menghadiri Acara peluncuran Kampung UKM ” Lampung Goes Digital ” Kamis (11/8/2016) di GSG Unila Bandar Lampung.

Dalam arahan Gubernur yang dibacakan oleh Sumarju Saeni, mengatakan bahwa UKM merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan proses pembangunan yang memiliki nilai strategis. Selain memiliki potensi yang besar dalam pembangunan ekonomi baik dari pelaku usaha maupun penyerapan tenaga kerja serta peningkatan produk.

Berdasarkan pemikiran tersebut proses pemberdayaan UKM harus mampu meningkatkan daya saing ekonomi mikro, kecil dan menengah yang merupakan basis ekonomi terbesar yang selama ini mampu meningkatkan ketahanan ekonomi disaat muncul gejolak krisis sebagaimana yang dialami pada krisis ekonomi yang lalu.

“Kita ketahui bersama, Kampung UKM Digital dan UKM Goes Digital yang dimotori oleh PT Telkom Indonesia bertujuan untuk membantu UKM diseluruh wilayah Indonesia termasuk Provinsi Lampung untuk memasuki era digital,”kata Sumarju.

Gubernur mengharapkan bahwa dalam program Kampung UKM Digital dan UKM Goes Digital tidak hanya terbatas soal pemanfaatan produk PT.Telkom dalam bentuk transaksi online saja tetapi juga manajemen dan strategi penjualan secara online. Semoga dengan program Kampung Digital proses bisnis UKM berjalan lancar sehingga semakin maju, sejahtera, mandiri dan modern.

Rektor UNILA Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P. dalam sambutannya mengatakan dalam era teknologi yang demikian pesat dewasa ini tanpa diimbangi maka akan ketinggalan. Sisi positif dari IT akan mempermudah dan mempersingkat waktu, tenaga dan biaya. Dengan UKM digital maka transaksi bisnis dapat secara langsung antara produsen dan konsumen sehingga memotong mata rantai distribusi barang. Dengan demikian harga akan lebih murah. Diharapkan UKM ini juga berperan sebagai laboratorium mahasiswa dalam menciptakan lapangan kerja setelah selesai kuliah. “Alumni Unila jangan hanya sebagai pencari kerja namun menciptakan lapangan kerja,” tegasnya.

Deputy Excecutive Vice President Marketing Telkom Regional I Asep Kartiawan mengatakan bahwa PT. Telkom tahun 2016 meluncurkan program Kampung online sebanyak 300 kampung. Sedangkan untuk regional I (Sumatra) dialokasikan sebanyak 52 kampung sedang Provinsi Lampung mendapatkan 6 kampung online yang menaungi sebanyak 175 UKM.

Kampung UKM Digital ini dapat berjalan berkat bantuan dan kerjasama dengan UNILA. Dalam hal ini PT. Telkom memberikan bantuan berupa jaringan internet, sarana dan prasarana serta aplikasi bisnis online dan pelatihan tentang penggunaan internet. (rls/ar)

Share :