Inilah Hidden Paradise Lampung

pulau pahawang
Share :
pulau pahawang
pulau pahawang

ragamlampungcom — Sektor swasta semakin bersemangat bergabung dalam pariwisata Indonesia. Media online yang bergerak di bisnis wisata, Ayojalanjalan.com, segera menggelar “Anugerah Pesona Indonesia 2016 (API 2016)”, pada 16 September 2016. Tujuannya untuk membangun kompetisi yang sehat dan melahirkan destinasi terbaik level dunia.

Peluncuran kegiatan ini sudah dilakukan pada 25 Mei 2016 dan periode pemilihan (voting) dilakukan pada 23 Mei-23 Agustus 2016. Kegiatan penutup rencananya dilakukan 16 September mendatang.

Dalam acara gala dinner akan diserahkan penghargaan bagi destinasi atau objek wisata yang paling banyak terpilih. Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, berharap, penghargaan teresebut diberikan kepada kepala daerah, seperti gubernur, bupati, dan wali kota, tempat dimana objek wisata tersebut berada.

Salah satu wilayah yang banyak mendapatkan penghargaan adalah Lampung. Wisata Pulau Pahawang, di Kabupaten Pesawaran mendapat nominasi kategori “Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise)”. Pesona bawah laut Pahawang dinilai memukau dan mampu menarik perhatian wisatawan untuk menyelam.

Nominasi berikutnya, Pantai Tanjung Setia, di Lampung Barat, yang masuk dalam kategori “Tempat Berselancar Populer (Most Popular Surfing Spot)”. Untuk kawasan yang satu ini sudah jadi rahasia umum.

Ombak Tanjung Setia menjadi primadona para surfer internasional. Kemudian terakhir adalah Teluk Kiluan, di Tanggamus, yang dinominasikan dalam “Tujuan Wisata Baru Terpopuler (Most Popular New Destination)”.

“Surat dari panitia API sudah masuk sepekan lalu. Ini kejutan dan di luar prediksi,” ujar Kepala Bidang Dinas Pariwisata dan ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Rahmad Hariadi.

Ia berharap, nominasi-nominasi ini didukung masyarakat Lampung, sehingga bisa meraih juara sekaligus semakin dikenal masyarakat secara nasional.

API memulai penilaian dengan mengajak masyarakat untuk memilih destinasi atau objek wisata terbaik atau terpopuler menurut mereka. Kemudian didapat destinasi atau objek wisata terpopuler pada 10 kategori yang diberikan.

Setelah pemilihan ditutup, API mengakhirinya dengan malam penghargaan, yang dikemas dalam bentuk gala dinner. Saat itu akan dilakukan penyerahan penghargaan bagi destinasi atau objek wisata yang paling banyak terpilih.

Penghargaan itu sendiri rencananya akan diberikan oleh menpar kepada gubernur, bupati, atau wali kota, dimana destinasi tersebut berada. (ar)

Share :