Pangeran Mahkota Arab Beli Istana Seharga Rp4 Triliun

Chateau Louis XIV
Share :

ragamlampung.com — Pangeran mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dinyatakan sebagai pemilik sebuah istana di Prancis. Istanan itu digambarkan sebagai rumah termahal di dunia.

Dikutip dari New York Times, Senin (18/12/2017), pembelian istana Chateau Louis XIV di sebelah barat Paris seharga 300 juta dolar AS atau setara Rp4 triliun.

Puri dijual kepada seorang pembeli misterius tahun 2015, dan meski kepemilikannya disembunyikan melalui sebuah perusahaan, penasihat keluarga kerajaan akhirnya mengkonfirmasi bahwa pangeran adalah pemilik utamanya.

Pejabat Saudi menolak mengomentari laporan tersebut, yang datang setelah situs investigasi Prancis Mediapart juga menunjuk pangeran tersebut sebagai pemiliknya pada bulan Juli.

Majalah Fortune melaporkan pada saat penjualan tahun 2015, Chateau Louis XIV – yang memiliki air mancur yang dapat dikendalikan oleh iPhone – telah memecahkan rekor untuk menjadi rumah termahal di dunia.

Di luar, rumah Louveciennes terlihat seperti istana abad ke-17 dengan gaya istana di Versailles di dekatnya. Namun, sebenarnya bangunan baru yang naik setelah pengembangnya di Saudi Emad Kashoggi membuldozer sebuah rumah abad ke-19 yang ada.

Fasad antiknya menyembunyikan fasilitas modern termasuk bioskop, kolam renang mewah dan parit dengan ruang bawah laut transparan yang memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan koi dan sturgeon.

Kawasan seluas 23 hektare mencakup taman terawat, air mancur besar dan labirin, sedangkan interiornya dihiasi langit-langit emas dan fresco.

The Times melaporkan pangeran mahkota membeli chateau melalui sebuah perusahaan yang dikelola yayasan pribadinya, Eight Investment Company, yang juga menangani pembelian kapal pesiar senilai 500 juta dolar AS tahun 2015.

The Times juga melaporkan awal bulan ini lukisan Leonardo da Vinci terjual seharga 450,3 juta dolar AS pada bulan November kepada seorang pangeran Arab Saudi yang bertindak atas nama putra mahkota. Itu adalah karya seni yang paling banyak dicari dan termahal di dunia. (ar)

 

Share :