Pairin Peringati Hari Diabetes Internasional

Share :

ragamlampung.com,Metro – Walikota Metro Achmad Pairin melakukan presrilis terkait Deklarasi ODF, dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 dan Hari Diabetes Internasional dan Deklarasi Terbuka Bebas Buang Air Besar (ODF) yang berlangsung dirumah dinas Kota Metro, Jumat (15/11/19).

Acara dihadiri oleh Direktur Kesehatan Lingkungan yang mewakili Menteri Kesehatan RI, perwakilan dari Bappenas yaitu Deputi Bidang Sarana dan Prasarana dan Direktorat Perkotaan, Perumahan dan Pemukiman, dan Direktur Eksekutif Akopsi.

Achmad Pairin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam rangka deklarsi yang juga bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, dan Hari Diabetes Internasional dan DeklarasiOpen Defecation Free (ODF).

Acara yang i dihadiri juga oleh Stichting Nederlandse Vrijwilligers(SNV), yaitu organisasi nirlaba yang berpusat di Belanda yang berfokus pada pembangunan di sektor pertanian, energi terbarukan, serta air bersih, sanitasi dan kebersihan. “Kerjasama antara Kota Metro dan SNV diharapkan dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Kesehatan Lingkungan pada sambutannya menyampaikan agar Kota Metro menjadi perwakilan kota yang dapat mencapai 100% di bidang Open Defecation Free (ODF), dimana kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, dan harapan besarnya kepada pemerintah kota metro, agar deklarasi ODF ini akan lebih meningkat untuk tahun tahun kedepan.

“Semoga keberhasilan Kota Metro dapat memotivasi kota/kabupaten lain di Provinsi Lampung, dimana masalah sampah dan limbah menjadi prioritas utama kami saat ini, agar deklarasi ODF ini akan lebih meningkat untuk tahun tahun kedepan,” ucapnya

Direktur Kesehatan Lingkungan berharap dengan adanya kerja sama Kota Metro dengan program SNV dapat terlaksana dengan baik agar dapat mendukung pemerintah daerah dan pemerintah Provinsi Lampung dalam percepatan memperoleh target pada program nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.(ea)

Share :