Bappeda Metro Sosialisasi Program Sustainable Development Goals

Share :

ragamlampung.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Metro menggelar sosialisasi Program Sustainable Development Goals (SDGs), di Aula Sekretariat Pemerintah Kota Metro, Senin (12/3/18).

Kepala Bappeda Bangkit Haryo Utomo saat memberikan laporan kegiatan mengatakan, tujuan ini untuk membangun pemahaman bersama terhadap kerangka pelaksanaan dan pencapaian SDGs. Koordinas dan persiapan dalam rangka penyusunan Rencana Aksi Daerah SDGs yang telah diatur dalam Perpres 59 Tahun 2017 yang melibatkan Akademisi, Filantropi, Pelaku usaha dan organisasi masyarakat sebagai peserta.

“Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Sekretaris SDGs BAPPENAS Khairanis Rahmanda Irina dan Kabid Perencanaan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri,” ungkap Bangkit.

Selanjutnya, Staf Ahli II Dian Christini selaku Perwakilan Walikota Metro, membuka acara sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs) yang bertujuan Pembangunan Berkelanjutan tahun 2018, sekaligus sebagai program kelanjutan dari Millenium Development Goals (MDGs).

“SDGs diperlukan untuk mengakomodasi seluruh perubahan yang terjadi pasca-2015, terutama yang berkaitan dengan perubahan situasi dunia sejak tahun 2000. Diantaranya adalah mengenai isu penipisan sumber daya alam, kerusakan lingkungan, perubahan iklim, perlindungan sosial, ketahanan pangan dan energi, dan pembangunan yang berpihak pada kaum miskin. Dimana SDGs memiliki 17 goals dan 169 target dan 240 indikator untuk periode pelaksanaan tahun 2015-2030,” terang Staf Ahli.

Oleh karena itu, Indonesia telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019, sehingga substansi yang terkandung dalam TPB/SDGGs telah selaras dengan RPJMN yang merupakan penjabaran Nawacita sebagai Visi dan Misi Presiden.

“Demikian pula di tingkat daerah integrasi SDGs ke dalam RPJMD merupakan bagian penting dalam mendukung upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” paparnya.

Diakhir sambutan, Dian Christini berpesan kepada peserta yang hadir untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, serta menyampaikan dan mensosialisasikannya kembali kepada rekan-rekan yang pada hari ini belum sempat hadir.(ema)

Share :