Pemkab Mesuji Ikuti Pelatihan Tata Kota

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — Bappenas, Jababeka, dan President University melaksanakan Pelatihan Tata Kota atau City Planning kepada 11 kabupaten di Indonesia. Pelatihan City Planning dilaksanakan di President University, Kota Jababeka, Cikarang, Senin (29/8), dilaksanakan selama 2 minggu sampai 9 September nanti.

Pelatihan diikuti 25 peserta dari 11 kabupaten, antara lain Pemerintah Kabupaten Mesuji, Hulu Sungai Tengah, Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Pemerintah Kota Cimahi, Pemerintah Kota Pematangsiantar, dan Pemerintah Kota Salatiga.

President University merupakan satu-satunya universitas swasta yang diberikan kepercayaan menyelenggarakan training non-gelar oleh Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Bappenas. Pelatihan yang diberikan sesuai kurikulum Pusbindiklatren Bappenas dengan lama pelatihan 98 jam pelajaran. Setiap sesi dilaksanakan selama 45 menit dengan materi 20% teori, 40% studi kasus dan 40% diskusi serta presentasi.

Ir. Didik Purbadi, MBA selaku pembicara pada pelatihan awal tersebut mengatakan bahwa menurut data dari world bank, 2050 dunia membutuhkan 10.000 kota baru. Indonesia yang penduduknya 5 persen dari dunia berarti membutuhkan 500 kota baru.

Purbadi menambahkan, mengapa dibutuhkan kota baru? Alasannya adalah peningkatan urbanisasi dan lingkungan perkotaan. Selanjutnya adalah membuka lapangan pekerjaan. (ar)

Share :