Puluhan RIbu Warga Belum Rekam KTP, Mobil Keliling Diturunkan

Share :

 

mobil ktp 2

ilustrasi

ragamlampung.com — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tulang Bawang Barat, menurunkan mobil keliling untuk melayani perekaman kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). Mobil ini sudah dilengkapi fasilitas lengkap termasuk jaringan internet, dan terjun ke pelosok tiyuh (desa) di daerah itu.

Tercatat masih ada sekitar 40 ribu warga Tubaba belum melakukan perekaman E-KTP, dari 190.000 lebih warga.

Sekretaris Disdukcapil A. Marwazi mendampingi Kepala Disdukcapil Lukman, mengatakan, langkah tersebut untuk mempermudah dan mempercepat pengurusan E-KTP, karena surat edaran Kementerian Dalam Negeri memberikan tenggang waktu perekaman E-KTP sampai 30 September 2016.

“Ini untuk mengoptimalkan pelayanan, kita terjunkan langsung menyambangi masyarakat di desa-dea,” ujar dia, Rabu (31/8/2016). Ia juga mengimbau masyarakat setempat yang belum memiliki E-KTP atau KK mendatangi kantor Disdukcapil, karena kartu identitas itu penting sebagai identitas resmi warga negara Indonesia.

Pihaknya juga sudah menyurati seluruh kepala tiyuh melalui camat setempat, agar menyosialisasikan perekaman E-KTP itu. “Kita terus berupaya semaksimal mungkin agar program ini berjalan lancar. Kami berharap aparat tiyuh juga membantu menyosialisasikannya ke masyarakat,” katanya. (ar)

Share :