Puluhan Tahun Desa Wiralaga Mulya Tak Punya Balai Desa

ilustrasi
Share :
pekerja yang juga warga desa, sedang membangun balai desa wiralaga mulya.
pekerja yang juga meibatkan warga desa, sedang membangun balai desa wiralaga mulya.

ragamlampung.com — Desa Wiralaga Mulya, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, puluhan tahun tak punya balai desa sendiri. Selama ini aparat desa itu menyewa rumah penduduk untuk pelayanan dan adminstrasi pemerintahan desa.

Namun, dalam waktu tidak lama lagi desa itu punya balai desa karena sudah menyiapkan dana sebesar Rp200 juta untuk membangun balai desa. Dana tersebut dialokasikan dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016.

“Selama ini kita sewa bangunan milik warga untuk dijadikan kantor desa. Akibatnya, pelayanan kepada masyarakat sering terkendala. Bahkan, tak jarang untuk urusan pembuatan KTP atau KK masyarakat, saya lakukan di rumah,“ kata Kepala Desa Wiaralaga Mulya, Nopy Wiliansyah, Rabu (7/9/2016).

Nopy mengatakan, kantor balai desa yang dibangun ini berukuran 27×27 meter. Perencanaan pembangunan berdasarkan kesepakatan wargam dan melibatkan warga secara langsung.

Peletakan batu pertama pembangunan kantor balai desa tersebut dilakukan Camat Mesuji, Sunardi, Rabu (7/9/2016). “Tahun ini untuk pembangunan tahap pertama, hanya sampai titik nol bata saja. Pembangunan kantor balai desa ini akan dilanjutkan hingga selesai tahun depan yang juga dibiayai program ADD,” kata Sunardi. (ar)

Share :