Seluruh Calon Haji Tulangbawang Barat dalam Kondisi Sehat

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — Pihak Kementerian Agama Kabupaten Tulangbawang Barat, memastikan seluruh jamaah calon haji (JCH) asal kabupaten ini dalam keadaan sehat. Informasi ini berdasarkan komunikasi dan koordinasi yang terus dilakukan Kemenag dengan Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) Kabupaten Tubaba. Saat ini ada 170 JCH Tubaba berada di Mekah, Arab Saudi.

“Alhamdulilllah kondisi mereka sehat semua, dan rangkaian ibadahnya bisa dilalui baik. Termasuk tiga orang yang masuk kategori risiko tinggi kesehatannya,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Tubaba, Rizza Apriyano, Rabu (7/9/2016).

Rizza mengatakan, pihaknya juga menjalin komunikasi dengan ketua rombongan para JCH untuk mengetahui kondisi para jamaah selama menjalankan ibadah haji. Kemudian, selama berada di Tanah Suci, kesehatan seluruh jamaah dipantau langsung oleh Tim Kesehatan Haji Daerah.

“Petugas kesehatan selalu stand by, sehingga ketika jamaah merasa kurang sehat bisa langsung ditangani. Mudah-mudahan hingga mereka kembali ke Tanah Air juga dalam keadaan sehat,” harapnya.

JCH Tubaba tinggal di wilayah Sisyah sekitar 7 kilometer dari Masjidil Haram. Mereka saat ini menjalankan ibadah sunah, salah satunya ibadah umrah. Untuk rukun wajib ibadah haji dilaksanakan mulai tanggal 7 Zulhijah sampai 9 Zulhijah, diakhiri wukuf di Padang Arafah.

JCH Tubaba terdiri pria sebanyak 80 orang, wanita sebanyak 90 orang termasuk petugas. Total 170 jemaah tahun ini.

JCH tertua berusia 86 tahun dari Kecamatan Gunung Terang bernama Jariah, dan paling muda bernama Evi Yusnaini berusia 29 tahun berasal dari Kecamatan Tulang Bawang Tengah. (ar)

Share :