Pemprov Lampung Diminta Sebarkan 1 Juta Domain

tim kementerian kominfo berkunjung ke pemprov lampung mempresentasikan program 1 juta domain, rabu (14/9/2016),
Share :
tim kementerian kominfo berkunjung ke pemprov lampung mempresentasikan program 1 juta domain, rabu (14/9/2016),
tim kementerian kominfo berkunjung ke pemprov lampung mempresentasikan program 1 juta domain, rabu (14/9/2016),

ragamlampung.com — Tim Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkunjung dan mempresentasikan program 1 Juta Domain kepada Pemerintah Provinsi Lampung, Rabu (14/9/2016).

Kasubdit Layanan Aplikasi Direktorat E Bisnis Kementerian Kominfo, Nizam W dalam kunjungan itu mengharapkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk menyebarluaskan program ini ke masyarakat.

“Saat ini baru ada 14.500 domain yang diberikan lewat program ini, tentunya ini masih jauh dari target yang diharapkan Kementerian. Program ini juga membutuhkan keahlian dari berbagai macam sektor seperti telemarketing dan manajemen informatika,” katanya.

Untuk itu, kata dia, di Provinsi Lampung telah dipilih lima orang melalui seleksi kementerian Kominfo sebagai pendamping program1 juta domain ini. Akan dilanjutkan pula dengan berbagai macam pelatihan dan sosialisasi bagi para penerima domain tersebut agar program ini memiliki dampak terhadap kemampuan dan keterampilan dalam pemasaran produk berbasis daring (online).

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Lampung, Sumarju Saeni menanggapi positif program ini dan mengajak para staf dilingkungan Dinas Kominfo membantu menyebarluaskan program 1 Juta Domain.

I Juta Domain merupakan program untuk membantu perkembangan Usaha Kecil Menengah ( UKM ) memasarkan produk produknya.

Program ini juga perwujudan Nawacita ke-7, Mewujudkan Kemandirian Ekonomi dengan Menggerakkan Sektor Sektor Strategis Ekonomi Domestik. Selain usaha kecil dan menengah, program ini juga memasukkan sekolah/pondok pesantren, komunitas, dan desa sebagai penerima domain gratis.

Dengan ada domain gratis tersebut yaitu co.id, biz.id, web.id, sch.id, ponpes.id, or.id, .id, dan desa.id yang menggunakan server di dalam negeri diharapkan mendorong optimalisasi akses internet dalam negeri dan mempercepat akses konten lokal.

Dalam jangka panjang, program ini akan membuat akses internet menjadi lebih murah karena semakin dominannya akses internet dalam negeri yang tidak membutuhkan bandwidth internasional yang mahal. Dalam pelaksanaannya program ini salah satu program unggulan Kementerian Komunikasidan Informatika untuk meningkatkan konten-konten positif dan produktif di internet.

Dengan menggunakan domain .id yang penggunanya terdaftar dengan identitasyang jelas, program ini akan menekan tingkat anonimitas di internet. Seiring tumbuhnya konten-konten positif dari Indonesia, industri e-commerce dan digital kreatif diharapkan tumbuh dengan semakin pesat di Indonesia.

Untuk keterangan lebih lengkap bisa dilihat di website 1juta.id. (IP)

Share :