XL Rekrut Future Leader dari Lampung secara Virtual

Share :

xl-future-leader
ragamlampung.com — Rekrutmen program Future Leaders (XLFL) angkatan baru yang diselenggarakan perusahaan telekomunikasi XL di Lampung, Bengkulu, dan Padang, akan dilakukan secara virtual.

Total, ada sekitar 500 orang mahasiswa yang mendaftar XLFL dari seluruh wilayah Sumatera. Tidak ada pembatasan kuota XLFL berdasarkan daerah.

Keterangan yang dihimpun ragamlampung.com, Kamis (15/9/2016), secara nasional lebih dari 11.500 mahasiswa telah mendaftar program ini untuk tahun angkatan kelima, pendaftaran dibuka sejak Maret 2016. Mereka akan bertarung memperebutkan 150 kursi untuk mendapatkan beasiswa XLFL selama dua tahun.

Para pendaftar berasal dari sekitar 200 kampus, sebanyak 55 kampus di antaranya adalah perguruan tinggi negeri. Kriteria penilaian dalam seleksi XLFL antara lain menitikberatkan pada kemampuan berbahasa Inggris, kemampuan komunikasi di depan publik melalui presentasi, kemampuan menganalisa suatu persoalan, kritis dalam berfikir, berintegritas, kreatif, serta memiliki perilaku yang baik.

Seleksi tidak mempertimbangkan latar belakang bidang pendidikan, faktor etnis, agama, juga kemampuan ekonomi.

Namun, atas anjuran Menristek Dikti, XL akan memberikan kesempatan yang lebih longgar kepada seluruh mahasiswa dari Indonesia Timur untuk mengikuti program XLFL. Namun, mereka tetap harus melalui prosedur dan mekanisme yang sama dengan yang lain dalam tahapan tes.

Dalam keterangan resmi, Vice Presiden Corporate Communication XL, Turina Farouk, mengatakan seiring dengan semakin tersosialisasinya program ini ke kalangan mahasiswa, semakin tinggi minat mereka untuk bisa mendapatkan tempat dalam program kepemimpinan ini.

“Kami berharap semakian banyak mahasiswa dari luar Jawa yang lolos tahun ini nanti, dengan demikian manfaat program ini juga semakin merata ke berbagai daerah,” kata Turina.

Selama kurun waktu setengah dekade ini tidak kurang dari 54.000 orang mahasiswa telah mendaftar untuk mengikuti seleksi di seluruh Indonesia. (ar)

Share :