Demi Bikin e-KTP, Tempuh Jarak Puluhan Kilometer

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com – Bukan hanya karena desakan pemerintah, tapi pemilihan kepala daerah serentak tahun 2017, warga Kabupaten Mesuji antusiasi mengikuti perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Tapi, harapan masyarakat ini tak bisa seluruhnya dipenuhi Dinas Kenpendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Mesuji. Perekaman dan pencetakan e-KTP selallu telat karena masalah di server komputer. Akibatnya, ratusan warga harus bolak balik dan di antaranya menempuh puluhan kilometer ke kantor Disdukcapil untuk mengurus e-KTP.

Pemantauan di kantor Disdukcapil Kabupaten Mesuji, Selasa (4/10/2016), terlihat antrean warga hingga memadati bagian ruang lainnya di kantor tersebut.

Sekretaris Disdukcapil Hamdani mengakui selama sepekan ini server mengalami kerusakan yang mengakibatkan lumpuhnya pencetakan e-KTP. “Tiap hari sebanyak 200 waga melakukan perekaman, tapi belum dapat dicetak,” kata dia.

Warga kecewa karena aktivitas lainnya terganggu bahkan harus ditinggalkan. Mereka harus bolak balik dari kediamannya menuju kantor Disdukcapil. Di antaranya ada yang harus menempuh jarak ratusan kilometer hanya untuk mengambil e-KTP yang dijanjikan dicetak secepatnya.

Wardi (40), warga Desa Rawa Jitu Utara, mengatakan, ia telah melakukan perekaman sebulan lalu, tapi belum dicetak juga. Bahkan, ada beberapa waga lainnya yang telah melakukan perekaman hingga berbulan-bulan. (ar)

Share :