Tiga Hari ke Depan, Waspada Potensi Hujan Lebat

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbauan agar masyarakat Lampung, mewaspadai potensi hujan lebat di wilayah Indonesia mulai 8 hingga 11 Oktober 2016.

“Dari kondisi dinamika atmosfer terkini, terpantau beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Indonesia pada periode tiga hari kedepan,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus Subagyo Swarinoto, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/10/2016).

Ia menjelaskan, provinsi-provinsi yang diprediksi mengalami hujan lebat Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Papua Barat.

Karena itu, masyarakat di daerah-daerah ini diimbau waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang muncul seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Selain itu, bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir dihimbau mewaspadai potensi gelombang laut tinggi.

BMKG memprediksi ketinggian gelombang berkisar antara 2,5-4,0 meter di Laut Andaman, perairan Selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Samudra Hindia mulai selatan Sumatera hingga selatan Nusa Tenggara Timur, Perairan selatan Kepulauan Tanimbar dan Laut Arafuru. (ar)

Share :