Pemprov DKI Teken Kerja Sama dengan Unila dan IAIN Lampung

Share :

universitas-lampung
ragamlampung.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kembali menandatangani kerja sama dengan 30 perguruan tinggi negeri (PTN). Di Lampung, perguruan tinggi yang dipilih adalah Universitas Lampung (Unila), dan IAIN Lampung.

Kerja sama yang dijalankan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta ini untuk pelaksanaan program Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama berharap seluruh PTN di Indonesia bisa melakukan kerja sama ini. Sehingga calon mahasiswa bisa memilih universitas mana saja sesuai keinginannya.

“Kami maunya seluruh perguruan tinggi yang ada di negeri ini jadi target kerja sama. Jadi, orang Jakarta bisa memilih di mana saja untuk kuliah,” kata Basuki, usai penandatangan kerja sama dengan 30 PTN, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (21/10/2016).

PTN yang melakukan kerja sama pada tahap kedua ini Universitas Islam Sunan Ampel, Universitas Islam Raden Fatah Palembang, Universitas Islam Purwakarta, Universitas Negeri Semarang, Institut Seni Budaya Bandung, dan Universitas Islam Tulung Agung.

Kemudian Universitas Sulawesi Barat, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Syekh Nurjati, Universitas Islam Bandung, Universitas Gorontalo, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Universitas Islam Banten, STAIN Kediri, dan Universitas Andalas.

Selain itu, Universitas Jendral Sudirman, Universitas Negeri Tirtayasa, Universitas Islam Salatiga, Universitas 19 November Kolaka, Politeknik Bandung, IAIN Bengkulu, IAIN Mataram, UPN Veteran Jawa Timur, UIN Jawa Timur, IAIN Surakarta, Universitas Airlangga, Universitas Patimura, dan IAIN Sultan Maulana Hasanudin.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Adrianto mengatakan, pihaknya telah menganggarkan untuk program KJMU tahun ini sebesar Rp 2,7 triliun. Setiap mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi negeri itu akan dibiayai pemda. Sebelumnya, Disdik DKI Jakarta telah melakukan kerja sama serupa dengan 26 PTN Negeri. (ar)

Share :