Bandara Arab Saudi Diancam Rudal Militan Houthi

Share :

bandara-internasional-king-abdulaziz
ragamlampung.com – Arab Saudi kembali diancam jadi sasaran rudal kelompok militan Houthi. Houthi mengonfirmasi bahwa pihaknya akan meluncurkan misil balistik Burkan-1 menuju Arab Saudi. Target mereka adalah Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah.

Menanggapi ancaman itu, menteri luar negeri negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) berkumpul di Mekkah. Mereka datang untuk menghadiri pertemuan darurat terkait serangan rudal balistik ke Arab Saudi tersebut.

Delegasi Indonesia dipimpin Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Retno menyampaikan, sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia mendorong penyelesaian politis yang inklusif dan damai terhadap konflik di Yaman. Dorongan ini, sejalan dengan apa yang dilakukan PBB dan Dewan Kerjasama Teluk (GCC).

Pada pertemuan di Mekkah ini, negara OKI sepakat mengesahkan resolusi mengenai peluncuran rudal balistik oleh kelompok Houthi. Hal tersebut juga telah memuat usulan baru yang digagas Indonesia mengenai perlunya seluruh Negara OKI meningkatkan kesatuan dan solidaritasnya serta memajukan kerjasama yang saling menguntungkan bagi seluruh Negara anggota.

Sebelumnya, pada 27 Oktober lalu koalisi yang dipimpin Arab Saudi dalam perang sipil di Yaman berhasil memusnahkan misil yang berjarak 65 kilometer menuju Mekah. Serangan tersebut tak menimbulkan adanya kerusakan. (ar)

Share :