Capres AS Ajukan Permohonan Hasil Pemilu Dihitung Ulang

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Hijau, Jill Stein, kini mengumpulkan dana untuk mengajukan permohonan penghitungan suara ulang di sejumlah negara bagian kunci.

Stein membuat halaman penggalangan dana secara online untuk mengumpulkan dana jutaan dolar yang dibutuhkannya untuk meminta hasil pemilu di negara bagian Michigan, Pennsylvania, dan Wisconsin dihitung ulang.

Dari usahanya itu, Stein sudah mengumpulkan 4,5 juta dolar AS atau setara Rp60,84 miliar, ia akan mengajukan permohonan perhitungan suara ulang di Wisconsin pada Jumat (25/11/2016) dan di Pennsylvania pada Senin.

Dari penggalangan dana ini, Stein berharap dapat mengumpulkan dana sebesar 6 sampai 7 juta dolar AS sehingga dapat mengajukan permohonan di tiga negara bagian.

Stein melakukan ini karena “bukti kuat anomali pemilu” dan analisis menunjukkan “perbedaan signifikan dalam perolehan suara” yang dirilis oleh pemerintah negara bagian.

“Masalah ini harus diselidiki sebelum pemilu presiden tahun 2016 disahkan,” kataya, dalam sebuah pernyataan.

Stein tidak sendirian, sejumlah aktivis dan akademisi juga menuntut agar hasil pemilu 8 November lalu dihitung ulang karena ada kekhawatiran mengenai campur tangan asing, terutama pemilihan elektronik. Mereka juga sudah meminta Hillary Clinton ikut bergabung memperjuangkan masalah itu. (ar)

Share :