BMKG Bantah Keluarkan Peringatan Kemarau Panjang 2019-2022

Share :

ragamlampung.com — Masyarakat belum lama ini dihebohkan dengan kabar musim kemarau panjang yang akan melanda dunia tahun 2019 hingga 2022. Kabar tersebut tersebar dengan menggunakan identitas Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kabar itu menyebut, saat ini cadangan air di dunia hanya tersisa 3 persen. BMKG membantah pernah mengeluarkan kabar yang menjadi viral tersebut.

“Berita itu tidak benar dan BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut,” demikian pernyataan BMKG melalui akun Facebook, Rabu (30/11/2016).

“Berita itu hanya hoax/isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat, karena isu tersebut tidak mempunyai dasar ilmiah yang jelas,” tambah pengumuman tersebut.

BMKG menyatakan, hingga kini belum ada teknologi yang bisa memprediksi musim dalam jangka panjang. Bahkan sekadar membuat prediksi untuk satu tahun ke depan. Karena itu, masyarakat diimbau dan diharapkan tidak terpengaruh serta tidak perlu dihiraukan dengan informasi tersebut.

BMKG mempersilakan masyarakat yang ingin mendapatkan informasi terkini mengenai cuaca menghubungi call center 021-6546318, atau laman www.bmkg.go.id, akun media sosial @infobmkg, juga bisa melalui aplikasi info BMKG. (ar)

Share :