Dua Desa di Tulangbawang Barat Rawan Begal

rawan begal-ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Warga di Tiyuh (Desa) Gunungakatun, dan Tiyuh Kagunganratu, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulangbawang Barat, resah karena di beberapa tempat di daerah itu rawan begal sepeda motor.

Kerawanan terjadi di antaranya di jalan dari Tiyuh Waysido menuju RK 9 dan RK 10 Tiyuh Tanjung Selamat, jalan dari Kebumen Tiyuh Kartaraharja menuju RK 09 Tiyuh Karta, dan wilayah Kolam Apung Tiyuh Gunungkatun.

“Satu titik paling rawan lainnya dan membuat warga resah yakni di jalan Padat Karya, Tiyuh Gunungakatun Baru, tepatnya di tebuan dari Tiyuh Gunungakatun menuju Tiyuh Kagungabratu,” kata seorang warga, Senin (5/12/2016).

Ia menambahkan, dalam sepekan terakhir ini sudah terjadi lima kasus pembegalan. Pelaku tidak hanya mengambil sepeda motor, tapi mengambil semua barang berharga milik korbannya seperti telepon genggam, dompet, dan lainnya.

Warga berharap aparat dan pihak terkait meningkatkan pengawasan. “Meski hingga hari ini belum ada korban luka, namun kita berharap aparat segera menangkap semua atau salah satu dari pelaku, karena hingga kini belum ada satupun pelaku yang berhasil ditangkap,” katanya.

Banyaknya kasus pembegalan mengharuskan warga setempat lebih waspada, karena bisa jadi pelaku kembali melakukan aksinya dan merambah ke perkampungan warga terdekat.

“Kami harus selalu waspada di lingkungan rumah masing-masing. Misalnya, memerhatikan pengaman rumah dan kendaraan, dengan demikian mudah-mudahan terhindar dari aksi kejahatan,” kata warga. (ar)

Share :