Cara Membedakan Aplikasi Palsu atau Asli

Share :

ragamlampung.com — Perusahaan atau industri apapun kini tak bisa lepas dari aplikasi untuk digunakan konsumennya secara online.

Saking banyaknya bertebaran aplikasi itu, apalagi menyangkut uang yakni aplikasi belanja dan perbankan, konsumen sebaiknya berhati-hati. Sebab, ternyata banyak juga aplikasi palsu.

Aplikasi-aplikasi palsu terutama aplikasi perbankan palsu sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kerugian bagi yang menginstalnya. Aplikasi itu biasanya sengaja dibuat untuk mencuri informasi rekening kemudian dimanfaatkan orang tak bertanggungjawab.

Berikut cara-cara membedakan aplikasi palsu dan asli:

1. Cek siapa pengembangnya.

Cara paling gampang membedakan aplikasi yang mau diunduh itu asli atau tidak adalah dengan mengecek siapa pengembangnya. Usahakan Anda sudah paham betul siapa pengembang resmi aplikasi yang mau diinstal.

Perhatikan kemiripan nama yang diusung juga perlu dilakukan. Jika masih ragu, maka saat mencari aplikasi di toko online masukan saja nama pengembangnya (dengan catatan sudah tahu siapa pengembangnya). Nah, dari situ bakal tahu apakah aplikasi yang hendak diinstal itu asli atau palsu.

2. Cek tanggal publikasi.

Hal remeh sebenarnya, tapi dengan mengecek tanggal publikasi maka bisa membedakan apakah aplikasi yang hendak diinstal itu asli atau palsu. Cara mudah mengecek tanggal publikasi aplikasi adalah dengan memastikan jika sudah ada keterangan Updated On.

Jika sudah ada keterangan tersebut, maka bisa dipastikan aplikasi tersebut sudah cukup lama dan teruji keasliannya. Kalau aplikasi palsu biasanya di keterangan tanggal akan hanya ada keterangan Published On. Artinya, aplikasi itu baru saja diunggah dan sudah pasti palsu.

Cara ini bisa digunakan untuk membedakan aplikasi belanja atau layanan perbankan yang memang sudah punya nama dan cukup lama di dunia maya.

3. Kroscek keaslian aplikasi via situs resmi.

Meski agak rumit, cara ini dipercaya bisa membedakan aplikasi asli atau palsu. Untuk berjaga-jaga maka kunjungi saja situs resmi aplikasi yang ingin diinstal dan klik link yang mengusung tautan ke aplikasi resmi baik untuk Android dan iOS.

4. Bandingkan gaya bahasa aplikasi

Sebelum menginstal, ketahui dulu gaya bahasa aplikasi. Gaya bahasa aplikasi asli biasanya lebih resmi dan tertata rapi.

Jika Anda menemukan aplikasi sama tapi dengan gaya bahasa yang serampangan atau nampak seperti terjemahan maka ada baiknya tidak menginstalnya.

5. Baca review orang lain

Cara ini bisa digunakan untuk membedakan apakah aplikasi itu asli atau palsu. Jangan malas untuk membaca review alias ulasan pengguna lain. Review dari pengguna lain bisa jadi tolok ukur apakah aplikasi yang diinstal itu asli atau palsu. Lihat berapa banyak orang yang marah dan mengatakan jika aplikasi itu palsu alias fake.

Lihat juga rating yang diberikan oleh pengguna lain ke aplikasi tersebut. Jika banyak yang memberikan satu rating, maka bisa dipastikan aplikasi itu palsu dan tak layak instal. (ar)

Share :