Media Terkemuka Inggris Ulas Wanita Patung Sragen

Share :

ragamlampung.com — Seorang wanita dari Sragen, Jawa Tengah, menjadi sorotan media terkemuka di Inggris, Daily Mail.

Sulami yang berusia 35 tahun itu menderita penyakit langka, yang menyebabkan ia seperti patung dan tidak bisa bergerak. Dokter menganalisis penyakit yang diderita Sulasmi adalah penyakit langka yang dikenal ‘tulang bambu’.

Selama 10 tahun ini Sulami tidak bisa duduk, bahkan membungkuk pun tidak bisa. Untuk berjalan, dia mengandalkan tongkat. Kondisinya juga memprihatinkan karena ia hanya mengandalkan neneknya, Suginem (90) untuk membantunya bergerak.

Dikutip dari Daily Mail, Minggu (22/1/2017), dalam laporannya dari Dinas Kesehatan Sragen menjelaskan bahwa Sulami menderita gangguan genetik langka, Ankylosing Spondylitis.

Ankylosing spondylitis terjadi ketika tulang belakang dan anggota tubuh lain mengalami peradangan. Gejala awalnya berupa nyeri punggung, kaku, dan kelelahan ekstrem. Gejala ini bisa memburuk atau membaik secara alami.

Hingga kini belum ditemukan obat penyakit ini. Namun, ada penanganan yang sudah ditemukan untuk mengurangi dampak perkembangan penyakit tersebut.

Kasus di AS antara 70 hingga 90 persen penderita sembuh sendiri, tapi beberapa kasus menunjukkan penderita benar-benar tidak bisa bergerak.

Penyakit ini diakui tidak mempengaruhi harapan hidup. Meski begitu, penyakit ini dapat memicu penyakit lain seperti kardiovaskular, patah tulang belakang, infeksi dada, dan penyakit ginjal. (ar)

Share :