Kenali WhatsFakeApp, Aplikasi Penyebar Berita Hoax di WhatsApp

Share :

ragamlampung.com — Pengguna aplikasi WhatsApp harus lebih cermat saat menerima berita atau isu yang belum pasti kebenarannya. Apalagi informasi itu cenderung menyudutkan hingga bisa berdampak fitnah.

Orang tak bertanggungjawab bisa menggunakan berbagai untuk menyebarkan berita bohong (hoax). Dan kini ada cara lain yang biasa digunakan para penyebar hoax, yakni dengan memalsukan percakapan WhatsApp melalui sebuah aplikasi bernama WhatsFakeApp.

Sebelumnya sudah dikenal penyebaran berita hoax dengan cara tangkapan layar (screenshot) dari pembicaraan di aplikasi WhatsApp. Foto itu kemudian diklaim dari sumber asli atau terpercaya, dan disebarkan lewat WhatsApp, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya.

Aplikasi WhatsFakeApp dapat diunduh di toko aplikasi daring milik Apple dan Android. Aplikasi ini memiliki tampilan dan fitur yang hampir sama dengan aplikasi WhatsApp aslinya.

Keberadaan WhatsFake ini sebaiknya diwaspadai. Jika menerima tangkapan layar berisi percakapan WhatsApp yang tidak jelas, sebaiknya diklarifikasi langsung kepada mereka yang disebut melakukan percakapan.

Dengan aplikasi ini seseorang bisa membuat percakapan palsu di obrolan WhatsApp. Isi percakapannya bisa disesuaikan dengan keinginan, misalnya sedang ngobrol mesra dengan pasangan. Lalu, dalam bentuk screenshot, hasil obrolan tersebut bisa ditunjukkan ke orang lain.

Tak hanya pesan teks, aplikasi yang memiliki antarmuka sederhana ini pun dilengkapi dengan beberapa fitur unik lain.

Misalnya, fitur berkirim file media (foto dan video) palsu, pesan suara palsu, bahkan tersedia juga opsi untuk menyunting status kiriman pesan (sent, delivered, dan read message) yang diterima dalam bentuk WhatsApp asli.

Si pembuat pesan palsu juga bisa membuat status profil seperti sibuk, sedang pergi, atau sedang mengetik serta mengatur jam berapa pesan tersebut akan dikirimkan ke penerima.

Semula aplikasi tersebut dibuat hanya untuk lucu-lucuan, tapi tidak menjadi lucu jika disalahgunakan untuk kepentingan tertentu yang menyebabkan kerugian dan fitnah bagi orang lain. (ar)

Share :