Ketua MUI Klarifikasi Isu Ayah Rano Karno

ketuam mui kh ma'ruf amin.
Share :

ragamlampung.com — Soekarno M Noer, ayah calon Gubernur Banten Rano Karno, ramai disebut-sebut pernah aktif sebagai anggota Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra) yang berafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Isu tersebut dibantah Ketua Umum PBNU KH Ma’ruf Amin. Justru, katanya, ayah Rano itu aktif di lembaga yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama.

Ma’ruf mengatakan, ia mengenal dekat Soekarno M Noer, karena sama-sama aktif di Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) di bawah naungan Nahdlatul Ulama di era kepemimpinannya.

“Saya kenal betul dengan Soekarno M Noer, dia bukan PKI, dia bukan komunis. Dia itu NU. Dia pengurus Lesbumi, bagian dari NU. Di situ ada Jamaludin Malik, ada Usmar Ismail, ada Asrul Sani dan juga ada ayahnya Rano (Soekarno M Noer). Pernah ke rumah saya dan saya kenal baik,” kata Kiai Ma’ruf Amin dalam keterangan tertulisnya, yang dikutip Kamis (9/2/2017).

Ia menambahkan, saat itu ia sebagai Ketua Cabang Lesbumi yang bermarkas di Jakarta Utara.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menilai, isu kebangkitan PKI di Indonesia yang dihembuskan beberapa pihak lebih kuat bernuansa politis dan mengada-ada. (ar)

Share :