Banjir Ancam Permukiman Warga di Bantaran Sungai

ilustrasi-banjir ancam permukiman warga di bantaran sungai di tulangbawang barat.
Share :

ragamlampung.com — Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mengingatkan warga yang tinggal di bantaran Sungai Way Kiri Tulangbawang, mewaspadai bencana banjir. Karena curah hujan di daerah itu dalam beberapa hari ini tinggi.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tubaba, Abdul Rohman mengatakan, hampir tiap tahun banjir terjadi di wilayah rawa-rawa dan bantaran sungai. Dan yang terkena adalah wilayah pertanian dan perkebunan masyarakat.

“Titik-titik rawan banjir di antaranya, daerah aliran sungai seperti Tiyuh Karta, Gunung Katun, Panaragan dan Penumangan,” katanya, Rabu (1/3/2017).

Ia minta masyarakat tidak membangun rumah di bantaran sungai atau membuka lahan perkebunan/pertanian. Warga juga berhati-hati dnegan arus sungai saat ini, karena luapan sungai berbahaya.

Beberapa upaya mengantisipasi banjir sudah dilakukan BPBD, salah satunya sosialisasi kepada seluruh kepala desa. “Kita sudah buat call center yang bisa dihubungi warga jika terjadi bencana,” katanya. (ar)

Share :