Rakyat Perancis Tatap Ketidakpastian Masa Depan

pemilihan presiden perancis, minggu (23/4/2017).
Share :

ragamlampung.com — Perancis melaksanakan pemilihan presiden pada Minggu (23/4/2017) ini, dalam sebuah situasi ketidakamanan ekonomi, paranoia budaya, dan terorisme. Kebohongan dan korupsi telah membawa dampak pada politik Perancis sebelumnya – pada tahun 1980-an, kepresidenan Francois Mitterrand tercemar oleh kontroversi mengenai pendanaan partai, dan skandal juga meletus di seputar Jacques Chirac dan Nicolas Sarkozy.

Namun, kombinasi toksik saat ini moralitas politik yang rendah berada di samping persepsi kemerosotan nasional yang meluas. Demagogging menjajakan janji palsu telah berkembang pesat dalam hal ini.

Percakapan dengan penduduknya, yang membentang dari kota Toulouse ke daerah pedesaan Tarn-et-Garonne, menggambarkan suasana hati dan kemarahan Perancis sebenarnya. Kemarahan memuncak, ketakutan, dan frustrasi membuat panggung pergolakan politik membesar, sesuatu yang jarang terjadi sejak 60 tahun De Gaulle mendirikan negara itu.

Dilansir dari The Guardian, Minggu (23/4/2017), Perancis adalah republik kuasi-monarki. Institusinya berpusat pada presiden. Tapi, apa yang dipertaruhkan dalam pemungutan suara ini bukan hanya pilihan kepribadian, juga bukan program ekonomi atau politik.

Esensi demokrasi Perancis tergantung pada keseimbangan, dan juga kelangsungan proyek Eropa berusia 60 tahun. Apa yang sedang bekerja menyerupai tren yang menghasilkan Brexit di Inggris, dan Trump di AS, paling tidak ketidaksengajaan orang-orang yang merasa telah kehilangan globalisasi. Tapi, ada juga unsur-unsur spesifik dari krisis identitas kolektif Perancis

Di kota Moissac, seorang dokter berusia 50-an menggambarkan suasana hati seperti ini: “Kami mengalami evolusi sangat besar, dan ini mungkin menjadi sebuah revolusi. Itu hanya akan memicu percikan. “Orang-orang muak dan bingung,” kata seorang pemilik toko di Montauban, sebuah kota yang berada 30 mil sebelah utara Toulouse.

“Banyak yang belum tahu bagaimana mereka akan memilih, tapi pasti mereka ingin menendang beberapa gelandangan. Hal-hal tidak bisa berjalan seperti ini.”

Survei menunjukkan bahwa Perancis lebih pesimis daripada orang Irak atau Afghanistan. Sulit untuk menyesuaikannya dengan standar hidup ekonomi terbesar kelima di dunia ini. Sebuah negara dengan perlindungan sosial yang tinggi dan infrastruktur yang berkembang baik, yang telah mengenal 70 tahun kedamaian.

Share :