Muhammad Ali: Usia Hancurkan Hidup Manusia

muhammad ali saat masih hidup, berbincang dengan mike tyson.
Share :

ragamlampung.com — Setahun lalu, legenda tinju Muhammad Ali meninggal dunia dalam usia 74 tahun setelah dirawat di rumah sakit karena mengalami masalah pernafasan. Sebagai salah satu penghargaan kehidupan legenda itu, media sosial baru-baru ini membagikan video wawancara ketika Ali ditanya apa yang akan dia lakukan saat dia pensiun.

“Tidur saja yang ingin saya lakukan,” kata Ali, sambil berpura-pura tertidur di atas ring tinju. Namun, itu hanya leluconnya saja. Ali kemudian berbicara serius pentingnya waktu yang menghabiskan hidup manusia.

Seorang anak bertanya kepada Muhammad Ali apa yang akan dia lakukan saat pensiun. Jawabannya yang panjang dan indah mengejutkan orang banyak.

“Ketika saya pensiun dari tinju saya benar-benar tidak tahu, saya ingin mengatakan sesuatu di sana, ini mungkin membuat Anda semua berpikir,” kata Ali, seperti ditulis Independent, Rabu (14/6/2017).

“Hidup tidak terlalu lama, katakanlah rata-rata orang berusia 30 tahun. Jika usia Anda 30 tahun, Anda belum berusia sekitar tujuh tahun, tambahkan tujuh, delapan, sembilan jam tidur Anda selama 30 tahun, Dari 30 tahun bertambah semua malam saat Anda pergi tidur dan pagi ini tidak ingat apa-apa.”

“Anda sudah tidak sadar selama sekitar delapan tahun jika Anda berusia 30 tahun. Anda telah tidur selama sekitar delapan tahun,” katanya.

“Berapa banyak perjalanan yang telah Anda lakukan dalam waktu 30 tahun? Dari beberapa perjalanan saja Anda mungkin telah menghabiskan dua tahun hidup Anda. Hanya pergi bolak-balik ke tujuan Anda.

Jadi, kata Ali, ada delapan tahun tidur dan dua tahun bepergian, itu 30 tahun dari hidup seseorang sebelum mencapai sesuatu.

“Berapa lama Anda belajar di sekolah Amerika? Kami sekolah dari kelas satu sampai kelas 12, enam jam sehari. Enam jam sehari selama 12 tahun, ambillah waktu Anda duduk di kelas selama tiga tahun tanpa pergi.

“Oke, dua tahun bepergian, delapan tahun tidur, tiga tahun sekolah. Berapa banyak film yang pernah Anda kunjungi, berapa banyak pertandingan gulat, berapa banyak hiburan, berapa banyak bioskop, pertandingan bisbol, mungkin dua tahun hiburan.

“Jadi, pada saat Anda memiliki anak, pada saat Anda berhasil untuk anak-anak Anda, pada saat Anda membayar rumah Anda, Anda sudah berusia 60 tahun.

“Hidup itu benar-benar singkat. Anda menambahkan semua perjalanan Anda, menambahkan semua tidur, menambahkan semua sekolah, menambahkan semua hiburan, Anda mungkin telah menghabiskan separuh hidup Anda tidak melakukan apa-apa.

“Jadi apa yang saya katakan adalah ketika Anda sedang tidak terlalu banyak yang harus dilakukan. Tahukah Anda bahwa saya akan berumur 65 tahun dalam 30 tahun lagi? Dalam 30 tahun itu, saya harus tidur sembilan tahun, saya harus melakukan perjalanan kembali ke Amerika, semua perjalanan saya, mungkin empat tahun perjalanan, sekitar sembilan tahun tidur, sekitar tiga tahun hiburan.

“Dari 30 tahun, saya mungkin hanya punya waktu 16 tahun untuk menjadi produktif. Begitulah cara kita menghancurkan kehidupan kita sendiri.”

Ali mengatakan, hal terbaik yang bisa dia lakukan dalam 16 tahun ke depan adalah “bersiaplah untuk bertemu dengan Tuhan”, sebelum berbicara tentang kepercayaan akan penghakiman ilahi, surga, dan neraka.

“Dia (Tuhan) ingin tahu bagaimana kita saling memperlakukan, bagaimana kita saling membantu. Saya akan mengabdikan hidup saya untuk menggunakan nama dan popularitas saya untuk membantu kegiatan amal, membantu orang, menyatukan orang,” kata Ali.

Share :