100 Gunung Berapi Tersimpan di Bawah Es Antartika

antartika
Share :

ragamlampung.com — Para ilmuwan telah menemukan wilayah vulkanik terbesar di Bumi, dua kilometer di bawah permukaan lapisan es yang luas yang menutupi Antartika barat. Dalam proyek tersebut, para periset Edinburgh University mengungkapkan, hampir 100 gunung berapi – setinggi Gunung Eiger, yang berada dan setinggi hampir 4.000 meter di Swiss.

Ahli geologi mengatakan bahwa wilayah yang sangat besar ini kemungkinan menjadi kerdil dari punggungan vulkanik Afrika timur, yang saat ini memiliki konsentrasi gunung berapi terpadat di dunia.

Aktivitas jangkauan ini bisa menimbulkan konsekuensi mengkhawatirkan. “Jika salah satu gunung berapi ini meletus, selanjutnya dapat mengacaukan lapisan es Antartika di barat,” kata ahli es gletser Robert Bingham, salah satu penulis makalah tersebut, dilansir dari The Guardian, Selasa (15/8/2017).

“Apa pun yang menyebabkan pencairan es – yang pasti akan terjadi letusan – kemungkinan mempercepat aliran es ke laut. Pertanyaan besarnya adalah: seberapa aktif gunung berapi ini? Itu adalah sesuatu yang perlu kita tentukan secepat mungkin.”

Survei gunung berapi Edinburgh, dilaporkan dalam serial publikasi khusus Geologi Society, mempelajari bagian bawah lapisan es Antartika barat untuk puncak batu basal tersembunyi yang serupa dengan gunung berapi di wilayah tersebut. Gambaran itu sebenarnya telah terlihat oleh penjelajah kutub seabad lalu.

Max Van Wyk de Vries mendirikan proyek ini dengan bantuan Bingham. Studi mereka melibatkan analisis pengukuran yang dilakukan survei sebelumnya, melibatkan penggunaan radar penetrasi es, yang dibawa pesawat terbang atau kendaraan darat untuk mensurvei strip es Antartika barat.

Hasilnya kemudian dibandingkan dengan catatan satelit dan database dan informasi geologi dari survei udara lainnya. “Intinya, kami mencari bukti kerucut vulkanik yang menempel di es,” kata Bingham.

Setelah tim mengumpulkan hasilnya, dilaporkan ada 91 gunung berapi yang sebelumnya tidak diketahui, menambahkan ke 47 lainnya yang telah ditemukan pada abad sebelumnya untuk menjelajahi wilayah ini.

Gunung berapi yang baru ditemukan ini berkisar dari 100 sampai 3.850 meter. Semua tertutup es, yang terkadang terletak pada lapisan yang tebalnya lebih dari 4 km di kawasan ini. Puncak aktif ini terkonsentrasi di wilayah yang dikenal sebagai sistem keretakan Antartika barat, yang membentang 3.500 km dari rak es Antartika Ross ke semenanjung Antartika.

“Kami takjub. Kami tidak menduga akan menemukan hal seperti itu. Kita sudah hampir tiga kali lipat jumlah gunung berapi yang diketahui ada di Antartika barat. Kami juga menduga ada lebih banyak lagi di dasar laut yang berada di bawah rak es Ross, sehingga saya pikir sangat mungkin wilayah ini akan berubah menjadi wilayah terpadat gunung berapi di dunia, lebih besar daripada di timur Afrika,” katanya. (ar)

Share :