Rusia Bangun Rute Kereta Api ke Jepang 13 Ribu KM

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Sebuah perjalanan panjang menempuh ribuan kilometer melintasi beberapa negara menggunakan kereta api bisa segera dinikmati. Penumpang bisa melakukan perjalanan dari London ke Tokyo melalui jalur Trans-Siberia dengan rute sepanjang 8.400 mil atau sekitar 13.518 km.

Proyek ini akan melibatkan pembangunan jembatan sepanjang 28 mil yang memungkinkan kereta menyeberangi Laut Timur.

Dimulai di London, kereta akan membawa wisatawan melewati jantung kota Rusia sebelum berakhir di Wakkanai, Jepang.

Proposal tersebut digambarkan sebagai “jembatan lintas sejarah” karena Moskow dan Tokyo gagal mencapai kesepakatan perjanjian, mengakhiri pertentangan setelah Perang Dunia II.

Perjalanan tersebut merupakan salah satu nilai topografi yang hebat, dengan kereta melewati Jerman dan Polandia sebelum memasuki Eropa Timur.

Penumpang juga akan melewati Pegunungan Siberia sebelum mencapai jembatan yang diusulkan, sebuah cetak biru untuk menunjukkan rute.

Kabarnya karena ingin meningkatkan investasi di wilayah timur Rusia, Putin sedang mengadakan pembicaraan serius dengan pejabat Jepang untuk memulai rencana.

Wakil Perdana Menteri Rusia Sergei Ivanov, mengatakan, hubungan Jepang dan Sakhalin – pulau terbesar Rusia yang setengah dikendalikan oleh Tokyo sebelum Perang Dunia ke II – adalah “mimpi lama” dan akan sangat menguntungkan produksi minyak dan gas di negara ini.

“Kami serius menawarkan mitra Jepang untuk mempertimbangkan pembangunan jalan campuran dan jalur kereta api dari Hokkaido ke bagian selatan Sakhalin,” kata Igor Shuvalov, dikutip dari Siberia Times, Senin (11/9/2017).

Rencana tersebut terungkap di Forum Ekonomi Timur Rusia, yang diselenggarakan oleh Putin di Vladivostok.

Saat ini, wisatawan dapat melakukan perjalanan kereta api Trans-Siberia dari Beijing melalui Mongolia dan ke Moskow, tiba di ibukota Rusia hanya dalam waktu 15 hari. Rute itu kini sangat populer di kalangan wisatawan dan mahasiswa. (ar)

Share :