Pengurus DPW PAN Lampung Bersiap Gugat DPP

Share :

ragamlampung.com – Polemik di tubuh DPW Lampung terus berlanjut dan memanas setelah tak diduga menyelenggarakan musyawarah wilayah luar biasa dan memilih ketua baru. Sejumlah pengurus DPW berniat mengajukan gugatan ke mahkamah partai dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta Selatan.

Langkah itu dilakukan jika DPP PAN mengeluarkan surat keputusan (SK) hasil Muswillub DPW PAN Lampung yang dilaksanakan di Bandarlampung, Minggu (17/9).

“Saya akan gugat ke mahkamah partai dan pengadilan, kalau sampai DPP mengeluarkan SK muswilub karena itu illegal,” kata Wakil Sekretaris DPW PAN Lampung, Heri Agus Setianegara dalam siaran persnya, Selasa (19/9/2017).

Ia mengatakan, gugatan akan diajukan karena kader memiliki hak konstitusional di PAN. Ini juga sebagai bentuk supremasi hukum dan marwah PAN.

Heri menuturkan, muswillub seharusnya menggunakan undangan resmi yang ditandatangani ketua dan sekretaris, bukan pesan singkat (SMS). Dan persiapan muswillub itu tidak selesai dalam satu hari.

“Kami tidak tahu itu (muswillub), yang berhak mengadakan muswil, ya kepengurusan resmi DPW PAN Lampung,” ujarnya.

Surat DPP PAN Lampung untuk muswil baru diterima pada hari Sabtu (16/9), diantarkan Ketua MPP Irfan Nuranda DJafar ke rumah pribadi Ketua DPW PAN Bachtiar Basri. Saat itu juga hadir pengurus DPW PAN. Isi surat DPP berisikan persiapan verifikasi partai politik guna menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Isi surat DPP itu untuk mendefinitifkan Backhtiar Basri, tapi ternyata agenda muswillub untuk pergantian ketua DPW. Muswillub itu illegal. Peserta Muswillub itu semestinya dihadiri ketua, sekretaris dan bendahara wilayah dan ketua DPD dan DPC se-Lampung. Jadi muswillub itu proses nya juga tidak sah, yang punya hak melaksanakan muswil itu kan DPW,” katanya.

Ketua MPP Irfan Nuranda DJafar menuturkan, pelaksanaan Muswillub tidak ada kaitannya dengan rekomendasi calon gubernur Lampung.

“Nggak ada kaitan muswil dan rekomendasi. Muswillub dilakukan untuk mendefinitifkan ketua DPW, yang kebetulan Pak Bachtiar ingin istirahat,” kata dia.

Zainudin Hasan terpilih sebagai ketua DPW PAN Lampung menggantikan Bactiar Basri melalui muswillub, Minggu (17/9). (ar)

Share :