Gubernur Petahana di Ujung Tanduk

Share :

ragamlampung.com — Nasib Gubernur petahana Ridho Ficardo di ujung tanduk menjelang dimulainya kontestasi pemilihan gubernur Lampung 2018. Pendaftaran diperkirakan mulai Januari 2018, namun hingga kini ia juga satu-satunya kandidat yang belum memiliki perahu cukup untuk berlayar.

Calon lainnya, seperti Herman HN, Mustafa, dan Arinal Djunaidi, sudah siap berlayar. Mereka hanya perlu mencari calon wakil gubernur, kemudian mendaftarkan diri ke KPU.

Keterangan yang dihimpun, Jumat (13/10/2017), Ridho baru dicalonkan partai yang dipimpinnya, Demokrat, notabene hanya punya 11 kursi di DPRD Lampung. Masih kurang 6 kursi untuk pencalonannya.

Nyaris semua partai politik menyokong ketiga nama di luar Ridho, harapan hanya dari PPP (memiliki 4 kursi di DPRD), dan Hanura (2 kursi). Tapi, dua partai ini juga jadi rebutan Mustafa dan Arinal, sehingga tak tertutup kemungkinan Ridho dilibas perjuangannya jika lengah.

Tak heran jika Wakil Gubernur Lampung petahana Bachtiar Basri, semula digadang mendampinginya lagi diisukan berbalik arah. Bachtiar kemungkinan merapat ke PDIP dan menjadi pendamping Herman HN.

Kalkulasi masih bisa berubah sebelum KPU menutup pendaftaran. Karena itu, dua bulan ke depan suhu politik di Lampung mungkin anomali, dan masyarakat harus bersiap menerima kenyataan di luar logika. (ar)

Share :