Diskominfo Metro Sosialisasi dan Bimtek Kelompok Informasi Masyarakat

Share :

ragamlampung.com,Metro – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Metro melakukan Sosialisasi dan Bimtek Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Metro, yang berlangsung di Aula Kecamatan Metro Utara, pada Rabu (20/11/2019).

Sekertaris Diskominfo Subehi, menyampaikan bahwa perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi saat ini, berkembang sangat pesat dan inovasi terus bergerak begitu dinamis, sehingga membuat akses ke belahan dunia lain dapat dilakukan tanpa batas ruang dan waktu.

“Kemajuan ini mendorong munculnya perubahan dan pergeseran penggunaan media tradisional menjadi media berbasis digital, sehingga kita dapat melakukan aktivitas yang beragam sesuai kebutuhan. Melalui sosialisasi ini diharapkan setiap Kecamatan dan Kelurahan di Kota Metro dapat terbentuk kelompok-kelompok informasi masyaratkat,” ujarnya.

Subehi mengatakan, keberadaan KIM sangat diperlukan dalam pergerakan partisipasi masyarakat dalam menyampaikan informasi yang menghubungkan dalam proses diseminasi informasi dan sebagai aspirasi pemerintah dan masyarakat maupun masyarakat itu sendiri.

“Kami Diskominfo Kota Metro mengapresiasi kehadiran peserta dalam mengikuti sosialisasi KIM di Kecamatan Metro Utara dengan harapan bisa memberi manfaat bagi kita semua dan masyarakat informasi Indonesia,” tutup Subehi dalam sambutanya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Antar Lembaga Raden Wara Rara Solehati melaporkan, kegiatan Sosialialisasi dan Bimtek KIM berdaskan perubahan Anggaran SKPD atas program pengembagan komunikasi, informasi dan media massa Tahun 2019.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan untuk mendorong tumbuh dan kembangnya kelompok informasi masyarakat secara mandiri. Sebagai wahana informasi dalam masyarakat dan meningkatkan peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antar anggota masyarakat dan pemerintah dengan masyarakat,” papar Wara.

KIM dikenal dengan Klompencapir yakni sebuah program pemerintah untuk mengembangkan dan memberdayakan kelompok informasi yang ada di masyarakat dan juga sebagai mitra dialog. Dimana pemerintah berperan sebagai merumuskan kebijakan publik, dan sebagai sarana peningkatan pemberdayaan masyarakat dibidang informasi.

Kegiatan Sosialisasi KIM diikuti oleh 40 (empat puluh) peserta dari 4 (empat) Kelurahan di wilayah Kecamatan Metro Utara, dengan narasumber dari Praktisi Kehumasan, Camat Metro Utara dan Dinas Kominfo.

Acara diakhiri dengan pembagian Doorprize yaitu Tumblr (Botol Minum) dalam rangka ikut mengkampanyekan pengurangan sampah plastik di Kota Metro.(ea)

Share :