Disporapar Kota Metro Gelar Pembinaan Kelompok Sadar Wisata

Share :

ragamlampung.com,Metro – Pemerintah Kota Metro Melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Metro menggelar pembinaan Kelompok Sadar Wisata Rabu di Ballroom Idea Kota Metro, (20/11/19)

Kegiatan tersebut untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam membangun kepariwisataan Kota Metro. Acara yang digelar Ballroom Hotel Idea Indonesia, Rabu(20/11/2019).

Kepala bidang pariwisata sekalian Ketua Panitia Meli Darti Jayasinga melaporkan kegiatan tersebut berdasarkan surat keputusan Walikota Metro nomor : 725/KPS/D.16/2019 tanggal 16 April 2019 tentang pembentukan panitia pelaksana, narasumber tentang kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata tahun anggaran 2019.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Disporapar Try Hendriyanto dengan simbol penyematan kartu tanda peserta. Peserta terdiri dari perwakilan Pokdarwis 22 kelurahan se-Kota Metro.

Try Hendriyanto berharap dengan adanya kegiatan ini, untuk membina wisata yang ada di Kota Metro sehingga dapat tertata dengan rapi serta masyarakat sadar dalam pengembangan wisata dan menjaga destinasi yang ada di Kota Metro ucapnya.

Poin materi yang disampaikan mengenai
Konsep wisata pesona. “Bagaimana seorang enterpreneur menjadi pionir pengembangan wisata di wilayah kelurahan masing-masing, kemudian ada masukan dari peserta untuk membuat wisata yang masuk dalam kategori Instagramable,” terangnya.

Dia mengatakan, Dinas pariwisata juga akan memperlombakan destinasi wisata yang ada di Kota Metro untuk menumbuhkan semangat kreativitas masyarakat dalam pengembangan wisata yang ada dikota metro. Dari hasil destinasi yang dikelola masyarakat, itu sendiri untuk masyarakat yang mengelola jelasnya.

“Pemerintah berkewajiban mensejahterakan masyarakat, jika masyarakatnya berkembang hingga mereka mendapatkan penghasilan maka itu untuk mereka, kecuali jika wisatanya sudah besar dan mencuat kemungkinan sebagian penghasilan akan dialihkan ke pemerintah. Yang paling penting adalah kemampuan mereka membantu pemerintah mengembangkan wisata di Kota Metro,” pungkasnya.(ea)

Share :