Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Basuki Minta Sikapi Cuaca Ekstrem

Share :

ragamlampung.com,Metro – Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Basuki mengatakan, cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini terjadi harus segera disikapi. Demikian dengan peristiwa longsor akses jalan dan jembatan yang terputus. Sehingga tidak mengganggu aksesibilitas masyarakat.

Ia menilai, dalam menyikapi longsor, ambrol, atau jembatan rusak, ekskutif bisa menggunakan dana dari pos bencana. Terlebih dana tersebut sudah dipersiapkan untuk mengatasi persoalan yang krusial.

“Kan ada dana bencana, itu sementara bisa digunakan untuk mengatasi masalah bencana ini. Jangan hanya menunggu provinsi, karena pasti akan lama. Kalau bisa menggunakan dana bencana kenapa tidak,” ujarnya, Jumat (22/5/2020).

Selain itu, pemerintah juga harus mengantisipasi masalah banjir ini dengan mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan. Serta melakukan pengerukan tanah di aluran sungai agar air lancar mengalir.

“Karena saat curah hujan tinggi, maka sungai akan meluap. Akibatnya air akan meluap ke daratan dan mengakibatkan banjir. Apalagi bagi lokasi yang rendah. Sudah tentu akan jadi musibah. Jadi harus segera,” ungkapnya($$)

Share :