Jalan Rusak di Lampung Viral, JK : Ini Fakta Ketidakadilan

Share :

ragamlampung.com – Masalah jalan rusak yang terjadi di kawasan Lampung, Jambi, hingga Makassar disinggung oleh Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK).

“Baru-baru ini viral jalan di Lampung, di Jambi, dan Makassar rusak luar biasa. Pihak-pihak bangga pemerintah bangun jalan tol, itu penting sekali, tetapi 170 ribu jalan rusak di Indonesia itu data IPS,” ujar JK, dalam acara Milad ke-21 PKS di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/5/2023).

Menurutnya, hal ini merupakan bentuk ketidakadilan bagi rakyat kecil. Sebab, pemerintah hanya memperhatikan kelayakan jalan berbayar atau jalan tol.

“Artinya orang bisa anggap kalau mau jalan baik hanya orang mampu karena itu bayar. Tapi kalau jalan rakyat, rusak tidak diperbaiki. Itu ketidakadilan bagi rakyat,” tutur JK, dilansir Kumparan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah meninjau jalan rusak di Lampung dan Jambi.

Kondisi jalan di Lampung menjadi sorotan usai TikToker Bima Yudho Saputro mengungkapkan kritiknya lewat konten TikTok.

Ia menyebut kondisi jalan di Lampung buruk, infrastruktur yang jauh dari memadai, serta sejumlah proyek yang dia sebut mangkrak.

Setelah melihat kondisi jalan di Lampung, Jokowi mengatakan perbaikan harus segera dilakukan. Apalagi kerusakan jalan terjadi tak hanya di jalan provinsi, tapi di jalan kabupaten dan kota.

“Dan masyarakat harus tahu ada tanggung jawab jalan nasional itu di pemerintah pusat, jalan kabupaten itu di bupati dan wali kota,” kata Jokowi di Lampung, Jumat (5/5).

Namun, melihat kondisi jalan yang rusak dalam jangka waktu yang lama, Jokowi menyatakan perbaikan jalan akan diambil alih oleh pemerintah pusat. (ijal)

Share :