Kontingen Provinsi Lampung Raih 3 Medali Emas di Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2023

Share :

Kendari – Kontingen Provinsi Lampung berhasil meraih 3 medali emas dan 3 medali perak serta 1 medali perunggu dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional tahun 2023 yang berlangsung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara tanggal 3 – 7 September 2023.

Tiga medali emas itu diraih oleh Muhammad Radhitya Naufal dari SD Islam Az Zahra Bandar Lampung yang menjadi wakil dari Provinsi Lampung untuk bidang Matematika tingkat SD/MI di KSM. Kemudian, Maliqi Radhitya Hakim dari SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Metro untuk bidang Matematika tingkat MTs/SMP, serta Syafa Aulia Zahra dari MTS Al Hidayah Pesawaran untuk bidang IPS terpadu tingkat MTs/SMP.

Selain itu, kontingen Provinsi Lampung juga berhasil meraih medali perak untuk bidang IPA terintegrasi yang diraih oleh Faith Atha Zaidan dari SD Islam Az Zahra dan Hafidz Al-Islami Hidayatulloh untuk bidang Geografi tingkat SMA/MA dan Ilham Fikri Hamdani untuk bidang Biologi tingkat SMA/MA.

Dan, satu medali perunggu diraih oleh Muhammad Emil Fatah untuk bidang Ekonomi terintegrasi tingkat SMA/MA.

Perolehan medali emas ini juga secara otomatis menempatkan kontingen Provinsi Lampung diurutan terbaik ke empat tingkat nasional.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Dr.H. Puji Raharjo, S.Ag, SS, M.Hum bersyukur atas perolehan medali yang diraih oleh para kontingen dari Provinsi Lampung ini.

Keberhasilan ini adalah hasil perjuangan bersama dengan banyak pihak termasuk dengan Yayasan Fatimah Az Zahra Lampung yang telah berkontribusi dalam melakukan pembinaan terhadap empat kontingen Lampung yang berhasil meraih medali emas dan perak.

“Prestasi ini bisa diraih melalui dukungan banyak pihak seperti Yayasan Fatimah Az Zahra serta doa dari seluruh masyarakat Lampung sehingga kami dan kontingen yang menjadi wakil dari Provinsi Lampung dalam KSM tingkat nasional bisa meraih medali emas, perak dan perunggu”.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional 2023 digelar mulai 3 September hingga 7 September 2023 di Kendari, Sulawesi Tenggara yang diikuti oleh 374 siswa dari seluruh Indonesia.

Para peserta yang menjadi wakil dari masing-masing provinsi ini adalah yang mendapatkan juara 1 per bidang studi pada pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Tahun 2023.

KSM yang yang digelar sejak tahun 2012 menjadi ajang membangun budaya kompetisi. Kegiatan ini digelar Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

KSM merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan minat dan bakat di Bidang sains bagi para siswa Madrasah dari mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan semangat siswa mengasah kemampuan intelektual emosional dan spiritual berlandaskan nilai-nilai agama serta mengikuti budaya kompetitif yang positif sehingga siswa kelak menjadi insan-insan yang bermanfaat dan mampu bersinergi dengan situasi dan kondisi pada setiap zaman.

KSM juga bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif dan berwawasan kebangsaan siswa Madrasah. KSM juga membentuk siswa menjadi cerdas, sehat, disiplin dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi sesuai tema yang diangkat di KSM 2023.  (rls)

Share :