Hujan Deras dan Angin Kencang, Puluhan Pohon Tumbang

ilustasi
Share :

ragamlampung.com — Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan puluhan papan reklame dan pohon tumbang, di komplek perkantoran Kabupaten Lampung Selatan, Kalianda, sejak malam hingga Senin (5/12/2016) pagi.

Kabel listrik sepanjang 100 meter di tempat itu putus akibat tertimpa sebuah pohon tumbang. Pemadaman pun terpaksa dilakukan sejak Senin pagi.

Keterangan yang dihimpun, perbaikan kabel tersebut memakan waktu sampai setengah hari atau lebih, dilakukan beberapa petugas PT PLN. Kantor pemkab setempat untuk sementara menggunakan genset, sambil menunggu perbaikan kabel selesai.

Pohon tumbang juga mengakibatkan sebuah rumah warga di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, rusak. Beruntung kerusakan tidak parah karena pohon menimpa hanya bagian depan rumah. “Sejak pagi memang angin sangat kencang,” kata Handoko, warga setempat.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi angin kencang masih terus terjadi sepekan ke depan di beberapa wilayah di daerah itu.

Kepala BMKG Lampung Sugiyono mengatakan, Senin (5/12/2016), kecepatan angin yang terjadi sekarang berkisar 15 knot – 28 knot atau 28 km -67 km per jam. Angin kencang terjadi lebih dominan dari barat, angin bertiup dari sebelah barat Indonesia atau sebelah barat Lampung. Angin barat terjadi karena tekanan udara di wilayah timur Lampung lebih rendah.

BMKG mengimbau warga waspada, kecepatan angin meningkat di wilayah pesisir barat, pesisir timur dan selatan Lampung. Warga mewaspadai pohon tumbang dan nelayan mewaspadai gelombang laut meninggi. (ar)

Share :