Pilgub Lampung: Akhir Karier Politik Bachtiar Basri?

0
44

ragamlampung.com — Petahana Gubernur Lampung M Ridho Ficardo tak bisa melanjutkan langkah politik dengan Wakil Gubernur Bachtiar Basri. Keduanya hanya bisa berduet selama satu periode memimpin Lampung.

Penentuan periode kedua yakni pemilihan gubernur tahun 2018, Ridho berpasangan dengan Helmi Hasan, wali kota Bengkulu sekaligus kader PAN. Sedangkan Bachtiar belum diketahui kelanjutan karier politiknya.

Bachtiar sebelumnya menegaskan tidak akan mencalonkan diri dalam pilgub kecuali berpasangan dengan Ridho. Mantan bupati Tulangbawang Barat ini juga enggan menjadi calon gubernur, ia hanya ingin menjadi wakil gubernur.

Bachtiar sempat menjadi ketua DPW PAN Lampung, tapi tidak bertahan lama karena “dikudeta’ Zainudin Hasan (bupati Lampung Selatan). Zainudin maupun Helmi Hasan keduanya adik kandung Zulkifli Hasan, ketua umum DPP PAN dan ketua MPR RI.

Kepastian Ridho-Helmi diumumkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Jakarta, Ahad (7/1/2018). Partai koalisi pengusung pasangan ini Demokrat, PAN, PPP, dan Gerindra.

“Dari 17 pasangan calon, 14 kader, sama dengan 82 persen. Hanya tiga yang bukan kader, mayoritas kader,” kata SBY.

Dengan demikian Pilgub Lampung akan diikuti Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim, diusung Golkar dan PKB, Mustafa-Ahmad Jajuli (PKS, Nasdem, dan Hanura), Herman HN-Sutono (PDIP). (ar)

 

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.