Pastikan Kartu Petani Berjaya Mudahkan Petani Lampung

Share :

ragamlampung.com,Metro – Dinas Pertanian Pangan dan Holtikultura Kota Metro, mengutus 137 kelompok Tani di Kota Metro menghadiri Sosialisasi Program Kartu Petani Berjaya yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Hortukotular Provinsi Lampung yang bertempat dihalaman kantor Balai Benih Ikan, Lambau Kota Metro, Kamis (5/9/2019).

Hadir di acara tersebut, Kepala Bidang PSP Dinas Pertanian Provinsi Lampung, Ir Indriatmoko, Sekretaris Daerah Kota metro, A.Nasir, Kepala Bank Lampung cabang metro, Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan ” Hery Wiratno ” serta segenap tamu undangan.

Ketika ditanya oleh Awak Media mengenai kegunaan Kartu Petani Berjaya Kabid menjelaskan, Petani akan mendapatkan kepastian untuk Sarana Produksi, Petani akan mendapatkan sarana Pupuk, Benih, kepastian mendapatkan Air yang cukup, kemudian pendampingan Tehnologinya, kemudian jaminan Pasar dan Asuransi.

“Tentunya Pemerintah akan menerapkan ini secara bertahap dari banyak fungsi tadi, adapun sasarannya seluruh petani yang ada di Provinsi Lampung, secara perorangan bukan kelompok, karena Kartu Petani berjaya berbasis kepada seorang petani, dan yang mempunyai Lahan Maksimal 2 Ha serta sudah masuk didalan EKTP,” paparnya.

Adapun mekanismenya nanti menunggu petunjuk dari Pak Gubernur.

“Pak Kepala Dinas Pertanian Lampung sudah menyiapkan beberapa wilayah seperti Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung tengah dan bisa jadi di Kabupaten Pringsewu karena ini baru Uji coba,” katanya.

Selanjutnya Kepala Dinas Pertanian Kota Metro, melalui Sekretarisnya Ir. Wiji  menyampaikan, untuk Petani yang akan mendapatkan Kartu Petani Berjaya dikota metro sebanyak 9.653 orang, yang terdaftar dalam RDKK, dengan luas 2.984 Ha dan tergabung dalam 137 kelompok Tani, serta 18 Gapoktan, ini lah sasaranya.

“Maka saya menghimbau bagi Petani yang belum bergabung menjadi anggota kelompok Tani, segera saja bergabung, kerena banyak kemudahan kemudahannya serta murah dalam belanja sarana prasarana,” ujarnya. (EA)

Share :