Waspada, Pupuk Palsu Diduga Telah Beredar di Lampung Utara

Share :

pupuk palsu ragam
ragamlampung.com – Petani di Kabupaten Lampung Utara   (Lampura) patut waspada. Pasalnya  peredaran pupuk palsu diduga telah masuk ke wilayah Lampura. Hal ini dibuktikan dengan diamankannya satu unit mobil pikap L 8175 BL berisikan 18 karung masing-masing berisikan 50 kg pupuk NPK diduga palsu bermerk Pupuk NPK Mutiarah 18 Produksi CV Surya Citra Perkasa.

Polisi juga mengamankan barang bukti pupuk bermerk sama dari pelapor atas nama Hi. Warsit Umar warga Dusun Bakung, Desa Kemalaraja, Kecamatan Tanjungraja, Lampung Utara(Lampura).

”Kita dapat laporan, yang menyatakan lima karung pupuk NPK Mutiarah yang dibeli pelapor diduga palsu,”ujar Kasat Reskrim AKP Supriyanto Husin mendampingi Kapolres Lampura AKBP Dedi Supriyadi, Minggu (31/7/2016).

Selanjutnya dilakukan penyelidikan dan berhasil diamankan satu unit mobil pikap berisikan pupuk yang sama saat Razia Satuan Lalulintas oleh Polsek Bukitkemuning.

”Namun mobil yang diamankan itu bukan mobil yang dilaporkan. Mobil yang dilaporkan pikap plat S 8073 AB, sedangkan mobil yang diamankan saat razia itu L 8175 BL. Namun diduga pupuk yang dibawa berjenis sama dengan barang bukti yang diamankan dari pelapor. Kita juga mengamankan tiga orang yakni sopir, kernet, sales pupuk tersebut,”ujarnya.

Sampai saat ini, lanjut Supriyanto, pihaknya masih mendalami kasus itu dan barang bukti pupuk tersebut akan diuji laboratorium sehingga dapat diketahui pupuk asli atau palsu ,atau pupuk oplosan. ”Kita akan lakukan uji
laboratorium untuk mengetahui itu semua,”katanya. (iko)

Share :